Mengenal Simbol Musik dan Fungsinya yang Muncul di Teks Lagu

Simbol musik yang ada di dalam teks lagu merupakan hal yang bisa membantu seseorang untuk meredakan wajah kusam bisa membaca panjang dan pendeknya sebuah ketukan.

Pada umumnya, nada-nada yang muncul di beberapa teks lagu payphone akan ditulis menggunakan simbol yang disebut dengan notasi atau not.

Lebih lanjut, simbol atau tanda notasi tentunya berguna untuk menunjukkan bunyi nada.

Nah sobat blogg… sebelum kita membahas lebih lanjut tentang simbol musik, ada baiknya untuk lebih dulu mengerti tentang notasi-notasi yang ada pada teks lagu.

Ketahui Simbol atau Tanda Notasi

Simbol bisa juga dikatakan sebagai tanda notasi. Tujuannya untuk mempermudah seseorang mempelajari suatu musik atau lagu, mengetahui tangga nada, dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah simbol atau tanda notasi yang harus sobat blog ketahui.

1. Notasi Angka

Seperti namanya, notasi angka dinyatakan dalam bentuk angka. Fungsi notasi angka untuk mempermudah mempelajari sebuah lagu. Berikut adalah contoh dari notasi angka, yakni:

1 = do

2 = re

3 = mi

4 = fa

5 = sol

6 = la

7 = si

2. Notasi Balok

Berbeda dengan notasi angka yang dinyatakan dalam bentuk angka, notasi balok dinyatakan dengan menggunakan huruf.

Walaupun begitu, notasi balok memiliki fungsi yang mirip dengan notasi angka. Notasi balok berfungsi untuk memperlajari cara bermain musik. Tempat untuk menempatkan notasi disebut dengan nada atau paranada.

Biasanya, paranada terdiri dari 5 garis sejajar dan juga 4 spasi yang sama jaraknya. Baik notasi angka dan balok, keduanya menjadi notasi yang sering digunakan.

3. Notasi Gambar

Setelah notasi gambar, ada juga notasi simbol yang biasanya digunakan untuk menggambarjan atau memberi isyarat dengan menggunakan tangan atau gerakan.

Notasi simbol sendiri biasaya sering dipraktikkan langsung oleh guru musik. Misalnya, tangga nada yang rendah dilambangkan dengan isyarat tangan ke bawah, kemdian tangga nada yang tinggi dilambangkan dengan tangan mengarah ke atas.

Simbol Musik

Simbol musik sebetulnya bisa disesuaikan langsung dengan gerak tubuh seseorang.

Nah untuk lebih jelasnya, berikut adalah kesesuaian simbol alat musik melodis yang digambarkan dengan hentakan kaki atau ketukan meja dengan pensil. Simak penjelasannya di bawah ini!

1. Not utuh

Not utuh bernilai 4 ketukan, maka usahakan untuk berhenti setelah hitungan keempat.

2. Not setengah

Not setengah bernilai 2 ketukan, maka hitungan berhenti setelah hitungan kedua.

3. Not seperempat

Not seperempat bernilai 1 ketukan, maka hitungan berhenti di setiap satu ketukan.

4. Not seperdelapan

Not seperdelapan bernilai 1/2 ketukan, sehingga hitungan berhenti di setiap 1/2 ketukan.

Demikianlah tentang simbol musik dan fungsinya yang harus kamu ketahui sebelum bermain game dance online terbaik mencoba mengenal nada. Semoga artikel kali ini bisa membantu kamu yang ingin mengetahui tentang simbol-simbol musik ya!