5 Alat Musik Tradisional Indonesia yang Mendunia

 Alat musik tradisional merupakan bagian dari tradisi suatu bangsa, termasuk Indonesia. Karena Indonesia memiliki banyak suku, adat dan istiadat, maka alat musik tradisionalnya pun beragam.

Setiap wilayah yang ada di indonesia memiliki alat musik tradisionalnya sendiri dan alat musik ini kerap dipakai sebagai pengiring musik atau intrumen lagu kesenian tradisional lainnya.

Diantara banyaknya alat musik tradisonal Indonesia, ada beberapa alat musik yang sudah terkenal di mancanegara. Bahkan ada suatu negara yang mendirikan suatu lembaga pendidikan seni musik yang khusus mempelajari alat musik tradisional tersebut.

Apa saja alat musik tradisional di Indonesia yang sudah go internasional, berikut diantaranya:

1. Angklung


Angklung merupakan alat tradisional dari daerah Jawa Barat. Alat musik ini terbuat dari bilah-bilah bambu yang disusun berjejer sedemikian rupa. angklung termasuk jenis musik melodis.

Dari susunan bambu-bambu tersebut, ketika digoyangkan atau digetarkan akan menghasilkan bunyi yang khas.

Itulah salah satu alasan angklung termasuk salah satu pesona budaya Indonesia yang menjadi daya tarik wisatawan mancanegara.

Bahkan UNESCO telah mengakui angklung sebagai Warisan Budaya Dunia dan sudah masuk dalam daftar Representative list of Intangible Cultural Heritage of Humanity.

2. Gamelan


Gamelan merupakan alat tradisional khas Indonesia yang terdiri dari gong, kenong, gambang, saron, celempung dan beberapa alat musik pendamping lainnya.

Dalam kehidupan masyarakat Jawa, harmonisme irama musik gamelan melambangkan keselarasan hidup. Seni penghayatan dalam alat musik gamelan, menjadikan alat music ini masuk dalam daftar UNESCO sejak 2014.

Bahkan, di Australia dan Kanada didirikan pendidikan seni gamelan. Iini membuktikan bahwa gamelan adalah alat musik tradisional yang sudah populer di kancah internasional.

3. Tifa


Tifa merupakan alat musik yang berasal dari Indonesia Timur, yaitu Papua dan Maluku. Tifa merupakan alat musik sederhana yang terbuat dari kayu dan berbentuk tabung.

Alat musik ini dimainkan dengan cara di pukul dan biasanya di mainkan pada saat upacara adat dan pertunjukan musik serta tarian tradisional.

Ada perbedaan antara tifa dari Papua dan Maluku. Di Papua, bagian tengah tifa lebih melnegkung dan memiliki pegangan pada bagian tengahnya. Sedangkan tifa dari Maluku berbentuk tabung dan tidak memiliki pegangan.

4. Sasando


Sasando berasal dari pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Sasandao merupakan alat musik tradisional yang memiliki bentuk unik menyerupai kerang dengan bambu di tengahnya.

Karena keunikan bentuknya dan suara khas yang dihasilkan dari alat musik ini mirip dengan gitar,kecapi, biola, harpa dan alat musik berdawai lainnya.

Unesco juga memberikan penghargaan pada alat musik tradisional Indonesia yang satu ini setelah angklung dan gamelan.

5. Kolintang



Alat musik ini berasal dari Sulawesi Utara dan kerap kali digunakan untuk upacara ritual adat yang berhubungan dengan penghormatan roh leluhur.Kolintang ini terbuat dari kayu yang disusun sedemikian rupa dan memainkannya dengan cara dipukul.

Alat musik kolintang beralih menjadi lebih pintar kreatif, kolintang dimainkan untuk pengiring tari, lagu maupun orkestra.

Demikian tadi ulasan mengenai alat musik tradisional Indonesia yang suda mendunia. Semoga wawasan dan bermanfaat bagi kita semua.