Simak, Ini Jenis Alat Musik yang Paling Sulit Dimainkan


Ada banyak spekulasi dan ketidaksetujuan antara musisi tentang alat musik paling sulit untuk dipelajari. Tidak ada jawaban yang benar-benar solid untuk mengetahui mana alat musik yang paling sulit. Setiap keluarga alat musik yang berbeda memiliki karakteristik unik yang membuat alat musik dari kategori itu sulit dimainkan.

Beberapa instrumen juga sangat sulit untuk dipelajari pada awalnya, tetapi menjadi seperti bahasa kedua setelah kamu bisa memainkannya. Sementara beberapa instrumen cepat dan mudah untuk mulai dimainkan, tetapi mereka menjadi jauh lebih sulit bagi kamu untuk menguasainya.

Nah, ada beberapa alat musik yang diyakini beberapa orang sulit untuk dipelajari. kira-kira apa saja dan mengapa? Simak ulasannya di bawah ini!

1. French Horn

Belajar bermain French horn sama terkenalnya dengan Onic Vior karena sangat sulit tetapi sangat bermanfaat untuk belajar bermain. Belajar bermain alat musik ini melibatkan pengembangan banyak kontrol dalam penempatan bibir, karena penempatan bibir yang sedikit salah secara drastis dapat memengaruhi nada yang dihasilkan. French horn juga cukup sulit untuk dipegang, bentuknya yang besar dan canggung membuatnya sulit untuk dimainkan dalam jangka waktu yang lama.

2. Biola

Tidak ada panduan untuk penempatan jarimu saat memainkan alat musik ini. Ini tidak menjadi masalah setelah bertahun-tahun bermain, karena seperti halnya keyboard komputer, kamu mulai menghafal di mana posisi berada tanpa perlu melihat. Kesulitan utama dengan belajar bermain biola adalah mencoba menghasilkan nada yang indah. Hal lain yang membuat biola sulit dipelajari adalah mencoba memegangnya di bahu, dengan cara yang memungkinkan tangan kirimu bergerak bebas dan naik turun di papan jari.

3. Trumpet

Dalam menguasai trumpet, sama halnya suara ikan paus dengan saxophone, hal pertama yang harus kamu kuasai adalah bagaimana cara meniup instrumen ini dengan benar. Bahkan tehnik meniup instrumen ini lebih sulit dibandingkan saxophone. Untuk bisa menguasai instrumen ini, kamu memutuhkan waktu 3 sampai 5 tahun praktis.

Namun beberapa mengaku dapat mempelajari instrumen ini hanya dalam beberapa jam saja! Tentu saja lagi-lagi ini tergantung bakat seseorang dalam bermain instrumen. Jika kamu tertarik untuk menguasai instrumen ini tentu saja kamu harus memiliki instrumen ini, Instrumen ini memiliki harga berkisar 1.5 jutaan hingga belasan juta rupiah. Harga bisa cek disini.

4. Saxophone

Pelajaran pertama dalam bermain saxophone adalah bagaimana cara meniup dengan benar. Bagi kamu yang baru pertama kali melakukan kebugaran jasmani dan memegang instrumen ini membutuhkan waktu berjam-jam untuk meniup saxophone sampai benar-benar mengeluarkan suara!

Beberapa orang bisa mengaku bahawa mereka mampu belajar bermain saxophone dalam beberapa bulan saja, namun ada juga yang mempunyai pengalaman bertahun-tahun praktis aga bisa memainkan instrumen tiup yang elegan dan berkelas ini. Yang pastinya, bagi kamu yang mau manjadi pemain yag profesional seperti Kenny G., kamu harus mengabiskan waktu seumur hidup mempelajari tehnik-tehnik baru dalam memainkan saxophone.

Berdasarkan pengalaman dari beberapa pemain saxophone, tidak dibutuhkan waktu yang lama dalam menguasai instrumen ini. Kamu hanya perlu memiliki memori yang bagus dalam menghapal chord-chord nya. Bagi kamu yang sudah mahir bermain gitar atau sudah bisa membaca sheet musik mungkin akan sangat mudah dalam mempelajari saxophone. Memiliki saxophone berarti kamu juga harus mempunyai modal yang banyak, karena harga instrumen ini tergolong mahal berkisar dari 3 jutaan sampai belasan juta rupiah.

5. Flute

Flute adalah salah satu jenis instrumen tiup. Instrumen ini menghasilkan suara musik melalui lubang-lubang kecil yang dibuka saat dimainkan. Seorang pemain flute bisa dikenal sebagai flautis atau flutenis.

Berdasarkan pendapat flutenis profesional, jika kamu memutuskan untuk memilih flute untuk dikuasai, maka dalam masa satu tahun kamu akan bisa memainkan melodi dengan baik. Namun, seperti kebanyakan instrumen musik, jam terbang adalah faktor utama dalam menguasai semua instrumen.

Dibutuhkan waktu sekitar 3 sampai 10 tahun agar kamu bisa memainkan game offline terbaru 2022 digolongkan sebagai flutenis professional. Kamu bisa membeli flut dengan harga yang lumayan bervariasi dari Rp. 1.5 juta sampai Rp. 2.5 juta.

Nah, itulah beberapa jenis alat musik yang diketahui sangat sulit dimainkan. dari beberapa alat di atas, mana nih yang pernah kamu mainkan? Dan bagaimana tingkat kesusahannya.