Sejarah Musik Blues di Indonesia

 

Musik blues mungkin bukan jenis musik yang memiliki mayoritas penggemar di Indonesia. Namun sejarah dan perkembangannya tetap ada dan tak bisa dilupakan begitu saja. Meskipun bukan musik populer bagi warga lokal, Bali sebagai destinasi wisata berkelas dunia rutin mengadakan festival tahunan Bali Rockin Blues khusus untuk penggemar musik blues. 

Sejarah Musik Blues

Musik blues adalah genre musik yang terkenal dengan nuansa mendayu dan diiringi dengan nyanyian yang cenderung melankolis. Lagu yang muncul dari musik blues juga memiliki lirik yang sedih. Penyanyi blues biasanya mengekspresikan emosionalnya dibanding menceritakan sesuatu. Awal mula dari musik ini adalah untuk meluapkan emosi bagi para petani dan budak keturunan Afrika-Amerika.

Sedangkan kata blues sendiri berasal dari judul drama “Blues Devil” yang dipentaskan pada tahun 1798 di Eropa. Namun baru pada tahun 1910 kata blues akhirnya resmi digunakan untuk menyebut genre musik ini. Kemudian diikuti dengan perkembangan cepat di Amerika pada tahun-tahun berikutnya. Tidak hanya ditampilkan secara informal, musik ini juga mulai dipentaskan dalam teater dan klub malam.

Dalam perjalanannya, musik blues mengalami pertumbuhan yang cukup pesat. Hingga pada tahun 90-an, musik ini memiliki 5 genre turunan. Pertama, Delta Blues yang didominasi penggunaan gitar dan harmonika. Lalu Piedmont Blues yang terkenal dengan petikan empat jarinya. Ketiga adalah Jump Blues yang mengombinasikannya dengan alat musik tiup. Kemudian ada Chicago Blues yang mulai menggunakan lebih banyak alat musik, seperti piano, drum, dan saxophone. Terakhir adalah Blues Rock yang menggabungkan musik blues dengan rock & roll.

Perkembangan penggunaan alat musik tersebut sangatlah berarti. Karena pada awalnya, petani dan budak kulit hitam dilarang menggunakan alat musik yang saat itu berupa alat musik pukul khas Afrika. Sehingga perkembangan dari musik tanpa instrumen menjadi penuh kombinasi alat musik merupakan kemajuan yang pesat.

Masuknya Musik Blues ke Indonesia

Salah satu negara yang juga mengalami pertumbuhan musik blues adalah Indonesia. Kurang lebih pada tahun 1980-an, genre musik ini mulai dikenal banyak orang di Indonesia. Beberapa komunitas blues pada skala kota terbentuk. Di antaranya adalah Bandung Blues Society, Jogja Blues Forum, Bali Blues Island, dan komunitas INA Blues Jakarta.

Selain komunitas blues, seniman legendaris Benyamin Sueb pun menjadi salah satu faktor besar perkembangan genre musik ini. Selain membuat lagu, Benyamin juga sempat membuat kelompok bermusik “Benyamin Sued & Beib Blues”. Hingga saat ini sudah banyak solois maupun band Indonesia yang dikenal dengan konsistensinya menyebarkan musik blues. Sebut saja Gugun Blues Shelter, Sandhy Sandoro, Andi Adioetomo, B.I.P., White Swan, dan masih banyak lagi lainnya.

Meskipun hingga saat ini musik blues belum memiliki penggemar sebanyak genre musik lain, seperti pop dan dangdut, genre in tetap menunjukkan eksistensinya. Sudah banyak festival musik blues yang diadakan tahunan. Mulai dari taraf nasional hingga internasional diadakan di Indonesia. Salah satu yang sudah berjalan selama 15 tahun adalah Bali Blues Festival. Dengan tema yang sedikit berbeda, yaitu Bali Rocking Blues Festival, acara ini dilanjutkan penyelenggaraannya pada tahun 2022.

Ciri-ciri Genre Musik Blues

Karakteristik Musik genre Blues ditekankan secara kuat pada elemen instrumen alat musik gitar dan harmonika, serta diiringi dengan vokal. Namun pada pertunjukkan Musik Blues modern juga diiringi dan ditambah dengan beberapa instrumen alat musik, seperti; terompet, saxofon, trombon, drum, piano, hingga alat musik elektrik modern. 

Adapun Ciri-ciri lainnya dari Musik bergenre Blues antara lain:

1. Musiknya akan terdengar ringan, namun ketika dirasakan akan penuh dengan melodi. Musik Blues akan memiliki feel folk yang berakar dari musik etnik Afrika.

2. Tempo musik yang pelan namun teratur, layaknya seperti orang berjalan dan berdendang.

3. Nuansa musik akan kental dengan alunan suara alat musik Gitar dan Bass. Kord yang dimainkan bercirikan progresif tertentu.

4. Vokal dari penyanyi bergenre Blues memakai teknik sengau, menggunakan Melisma dan intonasi yang bergelombang.

5. Musik Blues akan menampilkan banyak ekspresi dan emosi para pemusiknya dibandingkan narasi dan lirik. Ekspresi yang ditampilan dapat berupa puji-pujian, teriakan, hollers, hingga narasi sederhana berirama balada.

Jenis-jenis Sub Genre Musik Blues

1. Delta Blues

Delta Blues merupakan Sub genre Musik Blues bergaya musik Missisipi yang berasal dan berkembang di kawasan Tennesa, Vickburg, dan Yazzo River. Delta Blues merupakan jenis sub genre Blues yang paling awal ditemukan, yang didominasi oleh instrumen gitar dan harmonika.

2. Piedmont Blues

Piedmont Blues atau juga dikenal dengan nama East Cost Blues, merupakan jenis sub genre musik Blues yang menampilkan permainan instrumen gitar yang sangat dominan, dengan teknik finger style.

3. Jump Blues

Jump Blues adalah jenis sub genre musik Blues yang Elemen musik ini berupa instrumental alat musik  yang ditambah dengan alat musik tiup dan menggunakan tempo yang cukup cepat

4. Chicago Blues

Chicago Blues merupakan jenis sub genre musik Blues yang ditampilkan pada musik ini berupa instrumental alat musik Gitar, Bass, Drum, Harmonika, Keyboard, dan sesekali dilengkapi dengan Saxofon. Chicago Blues merupakan sebuah perkembangan jenis musik Delta Blues yang semakin modern.

5. Texas Blues

Texas Blues adalah jenis sub genre musik Blues yang terkenal dari kawasan Texas. Musik ini terpengaruh dari gaya Musik Jazz dan Swing dan dekat dengan karakteristik sub genre Blues Rock.

6. Country Blues

Country Blues merupakan salah satu jenis sub genre Musik Blues yang cukup tua dan merupakan bentuk awal dari musik Blues Modern. Bentuk penampilan musik Country Blues biasanya memainkan solo vokal dengan iringan gitar berteknik fingertyle akustik.

7. Blues Rock

Blues Rock adalah sebuah jenis sub genre musik Blues yang dikombinasikan dengan Musik Rock N’ Roll

8. Modern Electric Blues

Modern Electric Blues merupakan jenis sub genre dari musik Blues yang merupakan hasil dari sebuah invansi musik modern dari Britania menuju daratan Amerika.