MENGENAL MUSIK GOSPEL, SEJARAH DAN BEBERAPA GENRENYA

 


Musik gospel marupakan sebuah genre musik yang dicirikan oleh vokal yang dominan. Musik gospel sering kali dimainkan dengan menggunakan harmoni yang kuat. Liriknya yang bersifat religius, khususnya dalam ajaran Kristen. 

Subgenre musik ini mencakup gospel kontemporer, gospel kontemporer urban—yang kadang-kadang juga disebut sebagai "gospel hitam", dan musik gospel modern—yang kini lebih lazim disebut pujian dan penyembahan, atau musik Kristen kontemporer. 

Umumnya, musik gospel menggunakan piano dan/atau organ, drum, gitar, bass dan, kini semakin banyak pula, gitar listrik.

Musik gospel memiliki sejarahnya sendiri. Musik gospel diduga pertama kali muncul dari gereja-gereja Afrika-Amerika dalam kuartal pertama dari abad ke-20, atau dalam pengertian yang lebih luas, merujuk kepada musik gospel kulit hitam maupun musik religius yang diciptakan dan dinyanyikan oleh para musisi Gospel Selatan kulit putih pada umumnya. 

Perbedaan yang tajam antara Amerika yang berkulit hitam dan putih, khususnya antara gereja-gereja warga kulit hitam dan putih, menyebabkan kedua golongan ini terpisah. Meskipun perbedaannya telah berkurang sedikit selama lima puluh tahun terakhir, kedua tradisi ini masih berbeda. 

Dalam kedua tradisi musik gospel ini, sejumlah penyanyi atau musisi, seperti misalnya Mahalia Jackson, membatasi dirinya untuk tampil hanya dalam konteks-konteks keagamaan saja, sementara yang lainnya seperti Sister Rosetta Tharpe, Golden Gate Quartet dan Clara Ward, juga membawakan musik gospel dalam lingkup sekuler, bahkan juga di klub-klub malam. 

Banyak penyanyi, seperti The Jordanaires, The Blackwood Brothers, Al Green, dan Solomon Burke pernah tampil membawakan musik sekuler maupun keagamaan. Penyanyi-penyanyi tersebut biasa menyisipkan lagu-lagu gospel dalam pertunjukan-pertunjukan sekuler mereka, meskipun yang kebalikannya hampir tak pernah terjadi.

Penyanyi, pengarang lagu, dan gitaris gospel, Sister Rosetta Tharpe adalah bintang musik gospel besar pertama. Ia muncul dalam tangga lagu musik pop musik pada 1938. Ia tetap popular sepanjang 1940-an, mencetak lagu-lagu top, pertunjukannya dihadiri puluhan ribu penggemarnya di seluruh Amerika Serikat. 

Sesekali ia kehilangan dukungan dari beberapa penggemarnya di gereja ketika ia tampil di lingkup sekuler dan ketika ia membuat rekaman lagu-lagu yang tidak diakui sebagai lagu-lagu “Kristen”. Namun para penggemar yang meninggalkannya memaafkannya, karena Tharpe tetap setia pada imannya sepanjang karier rekamannya hingga akhir hayatnya.

Meskipun musik gospel ini disebut sebagai fenomena Amerika, nyatanya, musik ini telah menyebar di seluruh dunia, termasuk ke Australia dengan paduan suara seperti The Elementals dan Jonah & The Whalers. 

Ada juga festival-festival seperti Festival Musik Gospel Australia. Di Norwegia terdapat Ansgar Gospel Choir, satu-satunya paduan suara gospel Norwegia sejati. Musik ini juga popular di Provinsi Quebec, Kanada, karena di sana terdapat beberapa kelompok paduan suara gospel terkenal seperti Montreal Jubilation Gospel Choir dan Québec Celebration Gospel Choir.

Beberapa Genre Musik Gospel

Gospel tradisional

Musik ini berakar dalam lagu-lagu spiritual yang dinyanyikan oleh para budak di selatan AS pada abad ke-18 dan ke-19. Bentuknya merupakan devosi keagamaan yang bebas dari gereja-gereja Kesucian yang menganjurkan anggota gerejanya untuk memberikan “kesaksian” dengan berbicara atau bernyanyi secara spontan tentang iman dan pengalaman mereka. 

Kadang-kadang, mereka juga sambil menari dalam kebaktian. Pada tahun 1920-an, para penyanyi dari gereja-gereja ini, yang banyak di antaranya juga merangkap sebagai pengkhotbah keliling, mulai membuat rekaman dalam gaya yang mencampurkan tema-tema keagamaan dengan teknik-teknik barrelhouse, blues, dan boogie-woogie dan memasukkan alat-alat musik jazz, seperti drum dan terompet, ke dalam gereja.

Gospel country

Musik gospel country adalah sebuah subgenre dari musik gospel dengan gaya country. Musik ini juga dikenal sebagai Country Kristen atau Country Inspirasional.

Gospel southern

Gospel southern atau Country dan perusahaan-perusahaan penerbit musik dengan not kotak seperti misalnya A. J. Showalter Company (1879), James D. Vaughan Publishing Company, dan Stamps-Baxter Music and Printing Company. 

Beberapa musisi gospel awal seperti misalnya The Speer Family, The Blackwood Family (The Blackwood Brothers), The Lefevre Trio dan The Carter Family memperoleh popularitasnya melalui rekaman-rekaman dan pertunjukan-pertunjukan radio mereka pada tahun 1920-an, 1930-an, 1940-an, dan 1950-an. 

Yang lainnya, seperti misalnya Homer Rodeheaver, George Beverly Shea, Cliff Barrows atau Cathedral Quartet, menjadi terkenal karena hubungan mereka dengan para penginjil terkenal seperti Billy Sunday, Rex Humbard, dan Billy Graham.

Gospel southern progresif

Gospel southern progresif adalah sebuah genre musik gospel di Amerika Serikat yang muncul dari Gospel Southern selama beberapa dasawarsa terakhir. Subgenre ini muncul sebagai kelanjutan dari gospel southern awal.

Gospel bluegrass

Musik gospel bluegrass berakar dalam musik pegunungan di Amerika.

Di balik itu, musik gospel juga memiliki pengaruh yang kuat hingga sekarang. Hal ini terbukti dari berdirinya beberapa perhimpunan musik gospel dunia sebagai sebuah kelompok utama para seniman musik gospel yang mempunyai sebuah hall of fame yang mencakup segala aspek dari musik gospel.

Beberapa perhimpunan musik gospel terkenal dunia mulai dari Perhimpunan Musik Gospel Selatan, Perhimpunan Musik Gospel Texas Selatan, Perhimpunan Musik Gospel Country, Perhimpunan Musik Gospel Australia, Perhimpunan Musik Gospel Kanada, Perhimpunan Musik Gospel Jepang, hingga Perhimpunan Musik Gospel Slavia di Selandia Baru.