Sejarah Instrument Musik Saxophone


Saxophone atau saksofon merupakan instrumen yang tergolong kedalam single-reed woodwind woodwind instrument, aerophone.

Alat musik saxophone terbuat dari bahan logam dan dimainkan menggunakan single-reed. Awalnya alunan musik ini ditujukan sebagai instrumen orkestra dan band militer, namun perkembangan yang begitu pesat membuat saxophone ini bisa dihubungkan dengan big band music, popular music, dan jazz. Saat ini saxophone sangat popular digunakan dalam musik jazz, dan memiliki berbagai jenis dengan range yang berbeda-beda.

Asal mula Sexaphone

Penyebutan untuk pemain saksofon adalah saksofonis. Saxophone berasal dari negara Belgia, dibuat oleh seorang pembuat alat musik sekaligus pemain clarinet yang bernama Adolphe Sax. Nama saxophone ini bermula dari tahun 1840, yang terlahir dari nama belakang penciptanya sendiri, Adolphe Sax. 

Menurut penelitian, alat musik ini lahir pada tahun 1841, lebih tepatnya pada tahun 1846. Sax mempatenkan alat musik saxophone ini ke keluarga band dan keluarga orkestra. Instrumen ini pertama kali diperkenalkan kepada publik pada tahun 1844 di Paris, tempat Sax membangun sanggar.

Perkembangan Sexaphone

Perkembangan alat musik saxophone secara teknis dibagi menjadi 2 fase yang saat itu hak paten Sax masih berlaku dan sesudahnya. Perkembangan dan perubahannya berjalan lambat, hanya kesederhanaan mekanisme lebih menyerupai clarinet. 

Pada saat itu band yang dimiliki militer Perancis masih tetap menggunakan Alat Musik Tradisional. Pada tahun 1866 setelah hak paten habis, muncul beberapa pembuat saxophone yang akhirnya mengaikbatkan perubahan dan perkembangan secara teknis lebih cepat. 

Namun, perkembangan dan perubahan ini tidak banyak merubah desain awal dari saxophone yang dibuat oleh Adolphe Sax.

Adolphe Sax mengusulkan untuk membuat suatu kontes antara band militer yang masih menggunakan alat-alat musik orkestral yang orisinil untuk melawan band yang di dalamnya terdapat saxophone. 

Akhirnya band yang dipimpin oleh Sax yang terdiri dari 28 orang tersebut mendapatkan sambutan yang luar biasa dari para penonton, termasuk para petinggi militer di Perancis, sehingga sejak saat itu saxophone menjadi bagian dari band militer Perancis dan tidak lama kemudian manjadi bagian dari band-band lainnya.

Perjalanan Terbentuknya Sexaphone

Setelah tercipta dalam beberapa ukuran pada awal tahun 1840-an, saksofon menerima sebuah hak paten saxophone. Paten tersebut mencakup 14 versi dari beberapa desain dasar, dibagi menjadi dua kategori di masing-masing tujuh instrumen dan mulai dari sopranino ke kontrabas. Dalam kelompok dipertimbangkan untuk bekerja orkestra, instrumen ditransposisikan di kedua F atau C, sedangkan band “militer” kelompok termasuk instrumen bergantian antara Es dan Bes. 

Saxophone soprano adalah instrumen orkestra hanya untuk suara di pitch konser. Semua instrumen diberi berbagai tertulis awal dari B di bawah staf treble ke F tiga jalur buku di atasnya, memberikan setiap saxophone sejumlah dua setengah oktaf. Paten saxophone kedaluwarsa pada tahun 1866, sesudahnya banyak produsen alat melakukan peningkatan mereka sendiri dengan desain dan keywork. 

Namun, sekitar tahun 1900-an perlahan alat musik ini banyak digunakan diberbagai pertunjukan, salah satunya, Vaudeville dan dance band menggantikan violin. Pada tahun 1920-1930 an, banyak musisi-musisi jazz yang melirik saxophone, dan menyempurnakan gaya permainannya

Sidney Bechet, Coleman Hawkins, Lester Young, dan Charlie Parker muncul utuk bereksperimen dengan berbagai suara yang dapat terlahir dari saxophone. Semakin berkembangnya teknik permainan saxophone, maka semakin popular juga alat musik ini di seluruh dunia.

itulah sejarah musik Saxophone, semoga bermanfaat..