Jenis Jenis Alat Musik Modern

Bagi kamu para pecinta musik, mungkin telah menyadari ada banyak perubahan yang signifikan pada instrumen musik dari tahun ke-tahun. Perbandingan yang jelas tersebut dapat terlihat dari alat musik yang digunakan.

Mungkin sebelumnya kamu sudah mengetahui beberapa alat musik tradisional, diantaranya tentu ada yang menggunakan bambu sebagai bahan utamanya, lalu bagaimana dengan alat musik modern? Beberapa alat musik ini juga ada yang menggunakan kayu, namun suara yang dihasilkan lebih beragam.

Untuk mengetahui informasi lengkap mengenai alat musik modern, termasuk contoh dan gambarnya, kamu bisa menyimaknya berikut ini!

Alat musik modern merupakan alat musik yang telah mengalami perubahan pada cara pembuatan serta bahan yang digunakan. Alat musik ini telah mendapatkan sentuhan teknologi yang membantu menghasilkan berbagai suara yang lebih beragam.

Hasil dari alat musik modern ini adalah hadirnya berbagai macam aliran musik baru, yang sebelumnya mungkin belum ditemukan pada era alat musik tradisional.

Contoh Alat Musik Modern

1. Gitar Elektrik

Gitar elektrik sudah cukup umum digunakan pada berbagai genre musik. Gitar elektrik memiliki perbedaan yang signifikan dengan gitar biasa, kamu bisa melihat perbedaan tersebut pada lubang yang terdapat pada gitar.

Gitar elektrik tidak membutuhkan lubang, suara akan keluar setelah senar mengenai pick up, gitar elektrik akan dihubungkan ke listrik dan menghasilkan suara yang merdu dari setiap petikan kamu.

2. Drum Elektrik

Drum termasuk dalam alat musik ritmis, drum berfungsi untuk mengatur tempo lagu. Alat musik ini berbunyi setelah mendapat pukulan dari stik yang digunakan, drum sendiri dikenal dengan drum set. Drum set juga terdiri dari, cymbal, tom-tom, snare drum dan bass drum.

Saat ini juga ada drum elektrik, sehingga suara yang dihasilkan dapat terdengar bila dihubungkan dengan listrik atau menggunakan headset.

3. Saxophone

Alat musik modern satu ini terbuat dari logam dan termasuk dalam alat musik tiup, sehingga bunyi akan dihasilkan melalui udara yang bergetar. Saxophone mulai populer saat digunakan pada aliran musik jazz.

Hingga saat ini, saxophone masih terus digunakan pada berbagai aliran musik, karena suaranya yang merdu, saxophone cocok digunakan pada berbagai genere musik.

4. Keyboard

Bila kamu berpikir Keyboard sama dengan piano, maka hal itu tidak benar, keyboard memiliki perbedaan dengan piano. Alat musik modern satu ini menggunakan listrik untuk menghasilkan nada-nada yang indah.

Selain itu, pada keyboard terdapat beberapa pilihan instrumen yang juga bisa membantu mengiringi kamu saat bermain musik.

5. Biola


Badan biola sekilas mungkin tampak mirip dengan gitar, namun alat musik ini perlu digesek untuk menghasilkan suara yang indah.

Selain bentuknya yang jauh lebih kecil dari gitar dan perlu diletakkan pada bahu saat dimainkan,beberapa jenis biola juga dapat disambungkan ke listrik untuk mendapat suara yang lebih jelas dan jernih.

6. Cello

Cello sekilas tampak mirip dengan biola, hanya saja memiliki ukuran yang lebih besar, alat musik ini perlu digesek untuk menghasilkan suara yang merdu. Karena ukurannya yang besar, saat dimainkan, Cello akan diletakkan pada kedua kaki sambil duduk.

7. Harmonika

Harmonika memiliki ukuran yang kecil dan mudah dibawa ke mana saja. Cara menggunakannya mungkin terbilang jauh lebih mudah dibanding yang lainnya. Kamu bisa meniup lubang yang terdapat pada harmonika untuk menghasilkan nada-nada yang indah tersebut.

Nah, itu dia pengertian alat musik modern beserta contoh dan gambarnya. Jika kamu merupakan peminat musik atau baru saja ingin mendalami musik, Kamu bisa menemukan berbagai alat musik dan perlengkapan musik lainnya dengan mudah di toko alat musik atau online shop.