Mengenal Jenis Jenis Genre Musik, Apa Saja?

 

Hai sobat blog…

Bagi sebagian orang, musik menjadi teman hidup yang dapat melambangkan suasana hati. Tak hanya itu. Musik bahkan dianggap mampu membuat pikiran dan tubuh seseorang menjadi rileks.

Maka dari itu, banyak di antara orang-orang yang menjadikan bagaimanapun suasana hidupnya selalu diiringi berbagai genre musik. Sehingga, musik menjadi hiburan favorit bagi mereka.

Namun, banyak dari pencinta musik tersebut hanya mengenal 1 jenis musik saja. Bahkan, mungkin tidak mengetahui apa sebutan jenis musik yang biasa didengarkan. Jadi, kalau ditanya, ‘Musik itu apa bagi kalian?’ dan ‘Apa genre musik yang kalian dengarkan?’ maka mereka akan kebingungan menjawabnya.

Maka dari itu, kamu perlu mengetahui jenis jenis genre musik untuk semakin menambah wawasanmu. Penasaran? Yuk simak penjelasan berikut hingga tuntas!

Jenis jenis Genre Musik

1. Musik Klasik

Jenis musik yang pertama adalah musik klasik. Musik ini dikenal memiliki nilai seni yang sangat tinggi. Musik klasik sendiri diartikan sebagai jenis musik yang intelektual dan indah. Sehingga, jenis musik ini bisa dinikmati hampir dari semua zaman yang ada.

Biasanya, dalam musik klasik terdapat pembagian berdasarkan periode waktu tertentu. Seperti, ada pembagian menjadi tiga zaman yaitu, Medieval serta Renaissance, Baroque Klasik serta Romantis, dan ada Modern serta Kontemporer. Tak heran jika banyak yang menyebut jenis musik klasik ini sebagai musik sepanjang masa.

Kemudian, karakteristik dari genre musik klasik adalah susunan not dan nada yang indah hingga membuat pendengarnya terbawa suasana. Karena, musik klasik merupakan musik yang menenangkan.

Bahkan, menurut penelitian, ketenangan yang ada dalam genre musik ini membawa banyak manfaat bagi manusia. Seperti, meminimalisir penyakit hipertensi dan menenangkan emosi.

2. Jazz

Musik jazz ini merupakan penggabungan dari blues, ragtime, dan musik-musik band Eropa. Karena itu, ada beberapa sub genre di dalam genre musik jazz yaitu, dixieland, bebop, cool jazz, swing, hard bop, free jazz, jazz fusion, cafjazz, dan smooth jazz.

Sebagai media, alat musik yang biasa digunakan dalam genre musik jazz ini adalah trombon, trompet, piano, saksofon, dan gitar. Sehingga, nada yang dibuat dari genre ini sungguh unik dan memiliki ciri khas dalam permainan musiknya.

3. Country

Musik yang memiliki nada ceria dan pembawaan yang santai dan ringan merupakan ciri dari genre musik country. Musik Country ini merupakan genre dari campuran unsur-unsur musik Amerika, yaitu gabungan dari Pegunungan Appalachia dan Amerika Serikat bagian selatan.

Konon, jenis musik ini diciptakan untuk musik rakyat Amerika tepatnya untuk penduduk di wilayah Pegunungan Appalchia. Sehingga, di Amerika sendiri genre musik country ini masih berkembang hingga saat ini.

4. Rock

Rock termasuk salah satu dari genre musik yang menarik untuk dinikmati. Ciri khas dari musik rock ini biasanya dengan suara gitar listrik yang menjadi instrumen utamanya. Jenis musik satu ini diketahui mulai dikenal pada tahun 1940-an dan hingga sekarang masih banyak yang menggemari jenis musik ini.

5. Blues

Selanjutnya, genre musik yang juga tak kalah banyak penggemarnya adalah musik blues. Genre musik blues merupakan sebuah aliran isntrumental musik vocal yang berasal dari warga Afro-Amerika. Perlu diketahui, nama ‘blues‘ itu sendiri tercipta dari konotasi perasaan frustasi dan melankolis.

Selain itu, genre musik ini seringkali dipopulerkan oleh musisi dunia sebagai bentuk penyampaian protes untuk hak-hak kemanusiaan. Dapat dikatakan genre musik blue memiliki kesan yang sedih.

6. Pop

Jenis musik yang saat ini digemari oleh masyarakat adalah musik pop. Genre musik ini disebut juga genre musik populer. Biasanya, jenis musik ini juga memiliki nada dan lirik lagu yang sederhana.

Selain itu, jenis musik populer ini juga lebih mudah dipahami dan cocok untuk dinyanyikan atau disenandungkan. Ditambah lagi, genre ini menjadi genre musik yang universal karena mampu diterima oleh orang secara baik.

Contoh lagu yang termasuk kedalam musik pop adalah seperti Melukis Senja milik Budi Doremi, Bahagia bersamamu milik Haico dan Putus atau Terus milik Judika.

7. Techno

Kalau genre musik yang satu ini merupakan genre musik yang aliran musiknya biasanya bertemakan futuristik. Seperti yang biasanya dimainkan di klub-klub malam oleh seorang DJ (Disk Jockey). Menggunakan alat musik digital seperti DJ maker yang selalu digunakan untuk me-remix musik-musik yang sudah ada menjadi musik bertemakan futuristik.

Akan tetapi, karena bertemakan futuristik dan menggunakan alat-alat digital, genre musik ini tidak bisa dimainkan oleh alat musik tradisional. Seperti, sasando, gendang, dan lainnya.

8. Rap

Musik yang menggunakan teknik vokal dengan berkata-kata cepat merupakan ciri khas dari aliran musik rap. Musik ini menjadi salah satu unsur dari musik hip hop. Rap biasnaya diiringi oleh musik band atau Dj.

Seorang Rapper (sebutan untuk penyanyi genre rap) biasanya bernyanyi solo, namun ada juga yang menjadi anggota dari suatu band. Seperti, Linkin Park, Igor Saykoji, Younglex, Iwa K, dan Bondan Prakoso dari Indonesia, dan yang lainnya.

9. Hip Hop

Selanjutnya, ada musik Hip Hop yang merupakan salah satu genre musik yang perlu kalian ketahui. Musik yang berasal dari timur Amerika ini dianggap menjadi subgenre dari genre musik RnB. Musik ini identik dengan lantunan lirik rap atau lirik panjang yang diucapkan dengan cepat mengikuti beat dari musik hip hop.

10. RnB

RnB merupakan singkatan dari Rhythm and Blues. Genre musik ini menggabungkan diri dari beberapa aliran musik lainnya seperti, aliran jazz, blues, dan gospel. Karena penggabungan itu juga yang menjadikan genre musik RnB mulai populer di banyak konser musik.

Pada awalnya, RnB diperkenalkan oleh pemusik yang berasal dari Afrika-Amerika. Lalu, artis yang menggunakan genre musik RnB adalah Justin Timberlake, Pink Sewats, dan lainnya.

11. Dangdut

Nah, kalau yang satu ini merupakan jenis musik yang berasal dari Indonesia. Pada dasarnya, musik dangdut terpengaruh oleh musik India klasik dan Bollywood. Sehingga, mungkin kalau kamu mendengarkan musik dangdut maka kamu akan familiar dengan musik-musik Bollywood.

Sejarahnya, dangdut ini dimulai pada tahun 1960-an, yang beriringan dengan populernya film Bollywood pada tahun 1950-an. Sebenarnya, berakar juga dari musik Melayu pada tahun 1940-an.

Lalu, di tahun 1968, Rhoma Irama mempelopori musik dangdut di Indonesia. Kemudian, tahun 1970-an musik dangdut mulai terkenal secara meluas di Indonesia. Hingga, di tahun 1970-an sampai 1980-an, genre musik ini menjadi primadona orang-orang Indonesia.

Istilah dangdut sebenarnya merupakan onomatope dari gendang atau tabla yang biasanya dipenuhi dengan bunyi dang dan ndut. Hingga, dalam perkembangan selanjutnya disebut dengan “dangdut”.

12. Metal

Terakhir, genre musik metal yang tidak jauh berbeda dengan musik rock. Akan tetapi, hal yang membedakan adalah musik metal cenderung lebih kencang, keras, dan beteriak. Aliran musik ini mulai dikenal pada tahun 1970-an dan memiliki banyak jenis subgenre seperti heavy metal, dan black metal.

Nah, itulah deretan jenis musik yang perlu kamu ketahui. Pada dasarnya, setiap orang memiliki gaya musiknya tersendiri, namun akan lebih baik jika kita mengetahui banyak jenis musik, benar bukan? Semoga bermanfaat!

Komentar

Postingan Populer