Pengertian, Sejarah dan Fungsi Alat Musik Cello

Pada kali ini akan membahas mengenai alat musik Cello beserta pengertian, sejarah, cara memainkan, dan bagian-bagiannya.

Pengertian Alat Musik Cello

Alat musik Cello merupakan alat musik gesek yang juga merupakan termasuk anggota dari keluarga Biola.

Alat musik ini juga populer dalam banyak segi seperti sebagai instrumen tunggal, dalam musik kamar, dan juga sebagai fondasi dalam suara orkestra modern.

Namun dalam bahasa Indonesia, cara pengucapannya sama dengan Cello atau Selo yaitu alat musik gesek dan anaggota keluarga dari Biola.

Cara memainkan alat musik Cello adalah dengan digesekan dawai yang ada pada Cello menggunakan alat penggeseknya yang berbentuk seperti busur dan disebut 

Sejarah Alat Musik Cello

Sejarahnya di mulai pada zaman Renaissance yang memiliki dampak besar pada semua seni, paling tidak dalam konstruksi instrumen. Cello yang terkenal pada saat ini dibangun pada awal abad ke-16, dalam iklim ini Cello dan Violin muncul.

Hal tersebut dipercaya bahwa Violin dan Cello berasal dari Italia pada tahun 1500-an awal, hal itu juga berevolusi dari Violin dan Rebec, keduanya merupakan alat musik string yang berlekuk dari periode pertengahan abad.

Cello juga muncul dari Braccio da lira, instrumen Cello seperti dari periode Renaissance, Viol yang datang sebelum Violin juga berkaitan erat.

Andrea Amati adalah seorang pengembang Violin terkenal, Amati membuat kecapi dan pada tahun 1525 ia menjadi master pembuat instrumen atau alat musik.

Cara Memainkan Alat Musik Cello

1. Ambillah alat cello anda dan letakkan sudut lekukan bagian belakang cello pada bagian dalam lutut kaki kiri anda.

2. Lalu sandarkanlah bagian belakang badan cello di dada anda

3. Selanjutnya tempelkan kaki kanan anda pada sisi kanan cello namun tidak menjepit lakukan dengan perlahan

4. Setelah itu aturlah panjang pendeknya tongkat penyangga (end pin)

5. Setelah anda merasa nyaman barulah anda dapat mainkan cello tersebut.

Bagian-Bagian Alat Musik Cello

Cello dan Penggesek

Alat musik Cello termasuk keluarga alat musik gesel. Alat musik gesek dengan ukuran yang lebih kecil adalah Biola, kemudian Biola alto, lalu Cello, dan yang terbesar ukurannya adalah Kontrabass.

Seperti alat musik gesek lainnya, Cello juga terdiri dari 2 bagian alat musik utama yaitu Cello dan Penggeseknya. Alat musik Cello terdiri dari beberapa bagian, diantaranya adalah sebagai berikut:

Kepala

Badan

Kaki

Kayu Penggesek dan Kedua Bubat

Dapat dikatakan bahwa penggesek Cello terdiri dari 2 bagian. Petama yaitu kayu penggesek, kedua bubat atau rambut.

Dawai Cello

Dawai Cello terbuat dari baja yang di lilitkan.

Terdapat beberapa jenis dawai yang dapat dipilih sesuai dengan keperluan dan dana yang tersedia.

Dawai yang terdapat pada dawai Cello adalah A(1), D(2), G(3), dan C(4).

Pada pemakaian normal, sebaiknya dawai diganti setiap 3-4 bulan.

Demikianlah penjelasan mengenai alat musik Cello beserta pengertian, sejarah, cara memainkan, dan bagian-bagiannya, semoga bermanfaat.