Mengenal Alat Musik Melodis

 

Apa itu alat musik melodis? Alat musik melodis merupakan instrumen musik yang bisa mengeluarkan nada, melodi, maupun irama. Alat musik melodis berfungsi melakukan kontrol terhadap nada dalam sebuah lagu.

Biasanya di dalam satu lagu, ada berbagai jenis instrumen alat musik yang bermain dan berasal dari dua jenis, yaitu melodis dan ritmis.

Definisi Alat Musik Melodis

Alat musik melodis adalah alat musik yang berfungsi menghasilkan melodi dalam nada-nada tunggal pada suatu lagu.

Alat musik melodis menjadi alat musik yang penting dalam kelangsungan dan suatu instrumen musik. Dikarena kan, alat musik melodis mempunyai peran untuk meciptakan lantunan nada dan irama dalam satu kesatuan musik.

Tentu hal ini cukup berbeda dengan alat melodi ritmis. Alat melodi ritmis merupakan instrumen musik yang tidak menghasilkan nada tetapi menjaga ritme dari nada.

Bahkan, alat musik ritmis memiliki tempo nada yang dinamis dan tidak begitu pasti. Simfoni harmoni yang terlantun di dalam lagu akan lengkap ketika ada perpaduan antara alat musik melodis dan ritmis.

Perannya berbeda, tetapi saling berkesinambungan sehingga menciptakan sebuah melodi yang indah.

Kegunaan Alat Musik Melodis

Dalam penggabungannya, alat musik melodis memiliki beberapa kegunaan, seperti:

1. Dapat digunakan sebagai alat musik utama ketika seseorang bernyanyi

Mengapa hal ini hanya dapat dilakukan oleh alat musik melodis, sebab instrumen tersebut menghasilkansenandung nada yang berbeda dengan alat musik ritmis

2. Menghindari Stres

Apa yang kamu lakukan jika sedang stres? Biasanya seseorang akan mendengarkan lagu yang menjadi favorit bagi dirinya. Menurut penelitian, lantunan nada dalam lagu - yang dihasilkan dari alat musik melodis - memiliki efektivitas yang tinggi dalam menghalau rasa stres pada seseorang.

Dengan nada dan irama yang dihasilkan dari alat musik melodis, maka seseorang akan merasa lebih bahagia dan dapat mengubur rasa stresnya dalam-dalam. Untuk itu, penting bagi kamu untuk memiliki lagu instrumental favorit.

3. Medium Belajar

Tahukah kamu jika lantunan melodi dalam lagu dapat menjadi sarana atau medium pembelajaran yang efektif. Yap, menurut penelitian, instrumen musik yang menghasilkan suara-suara indah akan menstimulasi kognitif dari seseorang untuk menerima materi pembelajaran.

Di sisi lain, ketika seseorang belajar memainkan alat musik melodis dengan berbagai metodenya. Maka secara tidak langsung juga akan meningkatkan volume dan aktivitas Corpus Callosum yang menjadi rantai penghubung antara otak kanan dan otak kiri.

Contoh Alat Musik Melodis

Ada banyak sekali contoh alat musik melodis. Selain yang modern ada juga alat musik melodis tradisional Indonesia. Berdasarkan cara memainkannya, alat musik melodis dibedakan menjadi empat yaitu tiup, petik, gesek, dan pukul.

Berikut adalah beberapa contohnya:

·        Alat musik melodis yang dipetik seperti gitar dan kecapi

·        Alat musik melodis yang digesek seperti biola

·        Alat musik melodis yang ditiup seperti saksofon, pianika, harmonika, terompet.

·        Alat musik melodis yang dipukul seperti kolintang