Mengenal Alat Musik Pianika

Pengertian Pianika

Pianika merupakan alat musik mirip dari keyboard atau piano. Pianika berasal dari negara spanyol dan pendapat kedua menyebutkan Pianika berasal dari bahasa Italia.

Hanya saja memainkannya dengan cara ditiup dan menekan tuts tertentu hingga mengeluarkan suara. Pianika merupakan Alat musik yang juga disebut dengan Melodika, yaitu jenis alat musik Melodis yang cara memainkannya dengan cara ditiup. Pianika ini terdapat bilah keyboard seperti Piano, yang jumlahnya ada yang 32 dan 36 bilah.

Bahkan dikatakan bahwa pianika merupakan gabungan dari piano keyboard dan piano. Sehingga susunan nada pada pianika mirip seperti kedua alat musik tersebut. Perbedaannya terletak pada jumlah tuts, pianika memiliki tuts lebih sedikit dari pada keyboard dan piano.

Mungkin banyak pemula masih kebingungan bagaimana cara memainkan alat musik pianika.

Perbedaan Pianika dan Piano

Pianika itu sama dengan piano, baik yang klasik maupun elektrik. Namun, bedanya pianika harus ditiup dulu dalam memainkannya. Tidak ada tiupan maka tidak ada juga nada yang keluar walau tutsnya kita tekan. Dan juga jumlah tuts yang ada di pianika lebih sedikit, jika di bandingkan dengan piano.

Cara Memainkan Alat Musik Pianika

Cara memainkan alat musik pianika adalah dengan meniupnya pada pipa lentur yang tersedia.Kemudian, menekan tuts menggunakan tangan kanan dan tangan kiri digunakan sebagai penyangga pianika.

Tekan tuts pianika bersamaan dengan meniupnya hingga mengeluarkan nada. Masing-maisng tuts pianika akan mengeluarkan nada tertentu jika ditiup. Meniup pianika sebaiknya dengan cara lembut dan halus. Perhatikan lima jari tangan kanan untuk menekan setiap tuts tertentu

Tiupan pianika yang baik dan tetap adalah dengan tiupan rata, tidak terlalu kencang dan tidak terlalu lemah.Perhatikan juga teknik pernafasan. Dalam bermain pianika gunakan teknik pernafasan diafragma atau teknik pernafasan perut.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam bermain alat musik pianika adalah:

• Memainkan dengan lima jari, setiap jari mempunyai tugas untuk menekan tuts-tuts tertentu.

• Cara meniup diusahakan halus dan rata.

• Bentuk tangan kanan seperti memegang bola sehingga memungkinkan jari bergerak dengan leluasa.

Penjarian pada pianika biasannya menggunakan tangan kanan yang terdiri dari:

• ibu jari sebagai jari nomor 1

• jari telunjuk sebagai jari nomor 2

• jari tengah sebagai jari nomor 3

• jari manis sebagai jari nomor 4

• jari kelingking sebagi jari nomor 5

Bermain alat musik pianika menjadi hobi tersendiri bagi kebanyakan orang. Bahkan beberapa sekolah menjadikan alat musik pianika sebagai standar pembelajaran alat musik.

Cara memperoleh Nada

• Mengubah panjang kolom udara getar dengan mengubah panjang efektif tabung dengan menutup atau membuka lubang di sisi tabung. Ini dapat dilakukan dengan menutup lubang dengan jari atau menekan suatu kunci yang akan menutup lubang. Metode ini digunakan oleh hampir semua alat musik tiup kayu (woodwind instrument).

• Mengubah panjang kolom udara getar dengan mengubah panjang tabung melalui pengaturan katup (lihat katup putar dan katup piston) yang melalukan udara melalui tabung tambahan sehingga meningkatkan panjang keseluruhan tabung, dan menurunkan titinada dasar. Metode ini digunakan oleh hampir semua alat musik tiup logam (brass instrument).

• Mengubah panjang kolom udara getar dengan cara memperpanjang tabung menggunakan mekanisme geser. Metode ini digunakan misalnya oleh trombon.

• Menggetarkan kolom udara pada berbagai harmoni tanpa mengubah panjang kolom udara.