Mengenal Lebih Dalam Dengan Alat Musik Harmonis dan Contohnya

 

Hai sobat blog…

Usai membahas alat musik melodis dan ritmis, kini saatnya kita membahas jenis alat musik harmonis lengkap dengan contohnya.

Seperti yang kita ketahui, alat musik terbagi menjadi tiga berdasarkan fungsinya, yakni alat musik ritmis, melodis, dan harmonis. Apabila dibandingkan dengan alat musik ritmis dan melodis, alat musik harmonis dimainkan untuk menciptakan harmoni pada musik atau lagu.

Buat kamu yang ingin mengetahui lebih dalam terkait alat musik harmonis, yuk simak penjelasan berikut hingga tuntas ya!

Pengertian Alat Musik Harmonis

Dihimpun dari berbagai sumber, alat musik harmonis merupakan semua alat musik yang bisa memproduksi minimal 3 nada atau lebih secara bersamaan untuk menghasilkan harmoni pada sebuah lagu.

Tak hanya dimiliki oleh alat musik modern saja, namun nyatanya beberapa alat musik tradisional Indonesia juga termasuk ke dalam golongan alat musik harmonis.

Fungsi Alat Musik Harmonis

Fungsi dari alat musik harmonis adalah untuk memainkan harmoni yang biasanya terdapat dalam sebuah lagu. Hal ini bertujuan agar musik semakin kaya dan berwarna.

Harmoni sendiri menjadi salah satu bagian dari 3 komponen musik yang keberadaannya sangat penting pada sebuah lagu, selain ritme dan juga melodi.

Yang perlu diketahui adalah semua alat musik harmonis termasuk juga ke dalam jenis alat musik melodis. Tapi sebaliknya, tidak semua alat musik melodis termasuk ke dalam jenis alat musik harmonis.

Contoh Alat Musik Harmonis

1. Tradisional

Setidaknya terdapat 3 alat musik harmonis tradisional khas dari beberapa daerah di tanah air yang hingga kini masih mudah untuk ditemukan hingga kini.

- Angklung

Tak hanya terkenal di dalam negeri saja, namun nyatanya angklung juga cukup populer hingga mancanegara.

Alat musik khas Jawa Barat ini terbuat dari bambu yang berbentuk silinder dengan jumlah 2 atau lebih dengan berbagai ukuran.

- Bonang

Bonang merupakan salah satu alat musik tradisional khas Jawa yang terbuat dari bahan logam. Jika dilihat sepintas, bonang mirip seperti gong, hanya saja dalam ukuran yang lebih kecil.

Bonang ini sendiri biasanya dimainkan bersamaan dengan alat musik lain dalam satu kesatuan berupa gamelan.

- Sasando

Alat musik khas dari tanah timur ini sangat unik. Menggunakan bambu yang berbentuk silinder dan juga daun lontar yang dipadukan dengan senar atau dawai yang berjumlah 28 hingga 58.

Selain tiga contoh di atas, siter, kecapi, gambus, sampek, dan kolintang juga termasuk contoh alat musik harmonis tradisional lainnya.

2. Modern

Cukup banyak alat musik modern yang termasuk ke dalam alat musik harmonis, mulai dari alat musik tiup hingga petik.

- Harpa

Meski tergolong alat musik petik, namun cara memainkan harpa ini cukup unik, dimana salah satu jemari menekan dawai dan jemari lainnya yang memetik dawai tersebut.

- Piano

Piano menjadi salah alat musik yang sangat digemari hampir diseluruh dunia. Menariknya, piano ini bisa dimainkan tunggal lantaran banyaknya produksi nada yang bisa dihasilkannya.

- Gitar

Alat musik petik ini seakan menjadi pengiring wajib yang ada di seluruh pertunjukan musik.

Memiliki 6 senar, gitar sangat fleksibel dan cocok untuk dipadukan dengan alat musik lainnya, termasuk juga alat musik tradisional.

Selain gitar, ada beberapa contoh alat musik harmonis lainnya, seperti suling modern atau recorder, harmonika, cello, saksofon dan biola.

Nah, itulah seputar informasi terkait pengertian alat musik Harmonis lengkap dengan contohnya. Bagaimana? Apakah kamu sudah bisa mengenali jenis alat musik ini? Komen di bawah ya!