10 Alat Musik Ritmis dan Cara Memainkannya

  

10 Alat Musik Ritmis dan Cara Memainkannya

Alat musik ritmis adalah sebuat alat musik yang tidak memiliki nada. Alat music ritmis memiliki perbedaan tinggi bunyi untuk mengeluarkan sebuah irama. Musik ritmis mempunyai satu nada  misalnya “Do Re Mi Fa So La Si Do”.

Supaya kamu tidak salah membedakan antara alat musik ritmis dengan alat musik melodis, berikut berbagai jenis alat musik ritmis.

1. Tifa

10 Alat Musik Ritmis dan Cara Memainkannya


Yang termasuk alat musik ritmis adalah pertama yang berasal dari Indonesia bagian Timur, Maluku dan Papua/

Tifa memiliki bentuk yang unik disetiap ukiran yang terukur pada tubuhnya yang menandakan daerah asalnya. Bentuk Tifa seperti menyerupai Kendang, namun kalau tifa lebih ringan untuk didengar.

2. Kendang

10 Alat Musik Ritmis dan Cara Memainkannya


Jenis alat musik ritmis berikutnya adalah kendang. Cara memainkan kendang ini dipukul/ ditabuh ke dalam jenis alat musik ritmis.

Kendang ini berasal dari Jawa. Biasanya kendang dipakai untuk berbagai acara, seperti dangdut, campursari dan lain-lain. Kendang memiliki 4 jenis, yaitu:

-          Ketipung             : Kendang paling kecil

-          Ciblon                 : Kendang yang berukuran sedang, disebut juga dengan kebar

-          Kendang Gede  : kedang kalih pada sebagaian orang dan memainkannya sering dengan ketipung

-          Kendang Kozek : Kendang khusus pada pargelaran wayang.

3. Rebana

10 Alat Musik Ritmis dan Cara Memainkannya


Rebana adalah alat musik yang dimainkan dan identik dengan pertunjukan yang berbau islami, seperti tari Zapin dan Hadroh. Rebana dikenal dinegara TImur Tengah, Brunei Darussalam, Malaysia, dan Singapura.

Cara memainkan rebana dengan dipukul pada bagian yang terbuat dari kulit kambing. Di Indonesia banyak terdapat rebana banjar, rebana jidor, rebana kompang, rebana biang, rebana marawis, rebana hadroh dan rebana samroh.

4. Kastanyet

10 Alat Musik Ritmis dan Cara Memainkannya


Kastanyet memiliki bentuk yang unik seperti kerang berbentuk bundar, satu pasang (atas bawah) yang permukaannya di cekungkan.

Dulunya contoh alat musik ritmis ini terbuat dari gading gajah, namun sekarang dari kayu. Untuk menghasilkan suara, pemainnya harus menepuk kedua sisi seperti sedang menjepit.

5. Simbal

10 Alat Musik Ritmis dan Cara Memainkannya


Yang termasuk alat musik ritmis adalah simbal. Simbal termasuk ke dalam kategori kuno yang sanagt populer di Negara Turki dan Cina.

Cara memainkannya alat musik ritmis adalah dengan memukul pada masing-masing permukaan yang terdapat bagaian cekungan.

Saat memainkan alat music ini, tidak Cuma dipukul namun harus dikombinasikan dengan gerakan-gerakan sebagai daya tarik dalam pertunjukannya.

6. Marakas

10 Alat Musik Ritmis dan Cara Memainkannya


Berikut yang termasuk alat musik ritmis adalah alat musik yang memiliki bentuk seperti pin bowling. Cara memainkan dengan cara di goyangkan. Suara musik marakas pada bagian kepala diisi butiran-butiran kecil.

Marakas memiliki bunyi yang sangat khas seperti gemerincik semarak suasana musik. Kamu bisa menjumpai alat musik marakas pada pertunjukan perkusi, salsa, rumba ataupun cumba.

Bentuk marakas sendiri bermacam-macam, ada yang memiliki bentuk seperti apel, telur dan berbentuk lonjong.

7. Konga

10 Alat Musik Ritmis dan Cara Memainkannya


Jawaban atas pertanyaan sebutkan alat musik ritmis selanjutnya adalah konga atau biasa disebut dengan tumbadora/ alat musik ini berasal dari Afrika yang dipukul pada satu sisi atasnya menggunakan kedua tangan.

8. Triangle

10 Alat Musik Ritmis dan Cara Memainkannya


Sesuai dnegan namanya, contoh alat musik ritmis ini memiliki bentuk segitiga. Bentuk segitiga ini terbuat dari besi yang memiliki panjang 15 cm sampai dengan 18 cm. cara memainkannya cukup mudah, hanya dengan stik logak dan menghasilkan suara getaran.

9. Timpani

Alat Musik Ritmis


Alat musik timpani adalah salah satu alat mucik yang menjadi kuncu megahnya suatu pertunjukkan orchestra. Alat musik Timpani memiliki bentuk yang menyerupai drum dengan ukuran 20 inch sampai dengan 33 inch.

10. Tamborin

tambourin


Alat musik ritmis adalah tamborin yang bisa dipakai untuk pertunjukan musik perkusi. Sejak tahun 1700 an tamborin dipakai untuk mengiringi orchestra.  Alat musik ritmis ini berasal dari Eropa. Apda awalnya tentara Turki yang menyukai alat musik ini dan menjadi terkenal dengan sebutan Janissaries.

Nah, itu tadi 10 jenis alat musik ritmis yang harus kamu ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai ketemu pada blog selanjutnya.

Komentar

  1. mudah - mudahan alat musik itu semua tidak hilang puluhan tahun berikutnya

    BalasHapus
  2. masih tradional banget ya. cool...

    BalasHapus
  3. kembangkan trus musik tradisional Indonesia

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer