Pengetian Alat Musik Melodis dan Contohnya

 


Alat musik melodis adalah alat musik yang menghasilkan nada dan irama. Contoh alat musik melodis, cenderung memiliki bentuk rumit seperti tombol-tombol atau bagian yang memiliki fungsi. Kebanyakan alat musik ini membutuhkan  latihan.

Di sisi lain, ada juga lat musik ritmis yang digunakan untuk melengkapi harmonis sebuah musik. Untuk alat musik ini, umumnya mempunyai banyak nada. Dalam artikel ini secara lengkap kami akan menjelaskan pengertian dari alat musik melodis, contoh alat musik melodis.

Pengertian Alat Musik Melodis

Alat musik melodis adalah alat musik yang digunakan untuk memainkan nada dan melodi di dalam sebuah lagu. Melodi ini tersusun dari beberapa nada seperti nada tinggi, rendah, pola nada dan harga nada kemudian membentuk sebuah lagu.

Secara singkat, alat musik melodis adalah alat musik yang dimainkan dan dapat menghasilkan notasi-notasi atau nada “do-re-mi-fa-sol-la-si-do”. Alat musik melodis memiliki fungsi sebagai pengatur nada pada sebuah musik atau lagu yang dimainkan.

Contoh Alat Musik Melodis

Alat musik melodis memiliki jenis dan ragam yang sangat banyak. Baik yang tradisional ataupun alat musik melodis modern. Untuk itu kami sudah merangkum contoh alat musik melodis berdasarkan cara memainkannya. Yaitu:

1. Alat Musik Melodis Dipetik

Ada beberapa cara memainkan alat musik melodis, salah satunya adalah alat musik petik. Sebagai contoh, alat musik gitar, sasando, kacapi dan mandolin.

  • Gitar


Gitar merupakan alat musik modern dan memiliki sejarah yang cukup panjang. Gitar terbagi ke dalam tiga bagian, badan gitar, stang gitar dan senar. Alat musik gitar terbagi menjadi dua, yaitu gital akustik dan gitar listrik.

  • Sasando


Sasando merupakan alat musik tradisional yang berasal dari pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Sasando terbuat dari bamboo yang berbentuk tabung. Dibagian tengahnya sasndo diberi sebuah bantalan dimana tempat senar atau dawai pada badan tabung.

  • Kecapi


Kecapi merupakan alat musik tradisional suku sunda yang digunakan dalam tembang sunda dan berfungsi sebagai alat musik utama. Kecapi memiliki 2 jenis berdasarkan fungsinya, yaitu kacapi indung dan kacapi rincik.

  • Mandolin


Mandolin merupakan alat musik modern dan termasuk ke dalam kategori alat musik berjenis Chordophone. Alat musik ini berbentuk gitar bagaian resonatornya yang sedikit mengembung atau gendut.

2. Alat Musik Melodis Ditiup

Yang termasuk alat musik melodis adalah dengan cara ditiup, berikut contoh alat musik melodis:

  • Pianika


Pianika merupakan alat musik modern yang hampir sama dengan alat musik piano. Namun pianika harus ditiup sebelum menekan tuts nya. Pianika memiliki tuts yang lebih sedikit dibandingkan dengan piano, baik pianika elektrik ataupun klasik.

  • Seruling


Seruling merupakan alat musik yang ditiup pada ujung luban sebagai sumber bunyi. Pada umumnya seruling terbuat dari bamboo di Indonesia. Terdapat 6-7 lubang pada badan seruling yang digunakan pengatur nada.

3. Alat Musik melodis Digesek

Alat musik jenis ini menggunakan alat bantu untuk memainkannya, seperti busur dan biola.

  • Biola

Biola merupakan alat musik gesek. Biola memiliki empat buah senar (G-D-A-E) yang distel berbeda satu dengan yang lainnya dan G sebegai nada paling rendah. Pada zaman dahulu senar pada biola menggunakan usus domba.

4. Alat Musik Melodis Dipukul

Alat musik dengan cara dipukul seperti perkusi, bonang, kolintang, gambang dan sebagainya.

  • Bonang

Bonang merupakan alat musik pukul tradisional yang digunakan dalam gamelan Jawa dan merupakan instrument melodi pada degung gamelan Sunda. Bonang dimainkan dengan cara dipukul pada bagian yang menonjol menggunakan alat khusus yang disebut dengan Bindhi.

  • Kolintang

Kolintang merupakan alat musik perkusi bernada yang terbuat dari kayu. Kolintang berasal dari Sulaweis Utara. Nama kolintang berasal dari kata Tong (nada rendah), ting (nada tinggi) dan tang (nada biasa).

5. Alat Musik Melodis Dihisap

Contoh alat musik melodis dihisap adalah harmonica.

  • Harmonika

Harmonica merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup atau dihisap lubang untuk menghasilkan suara. Perkembangan tersebut merupakan proses pengenalan alat musik tersebut ke seluruh dunia.

6. Alat Musik Melodis Ditekan

Alat musik melodis berfungsi sebagai ditekan dan alat musik modern diantaranya Akordion dan piano.

  • Akhordion

Akordion merupakan alat musik sejenis organ yang berasal dari Sumatera Selatan. Akordian dimainkan dengan cara menekan tombol akord dengan tangan kiri dan melodi oleh tangan kanan. Alat musik ini relative kecil.

  • Piano

Piano merupakan alat musik yang dimainkan dengan menggunakan jari tangan. Alat musik ini dibagi menjadi 3 jenis yaitu Grand Piano, Piano Upright dan Piano Elektronik.

7. Alat Musik Melodis Digoyang

Cara memainkan alat musik ini dengan cara digoyang, seperi angklung.

  • Angklung


Angklung merupakan alat musik multitonal yang berkembang di masyarakat Sunda dan beberapa daerah di Jawa Barat. Angklung dimainkan dengan cara digoyangkan dengan susunan nada 2,3 sampai 4 setiap ukurannya.

Ada beberapa jenis angklung, diantaranya:

Angklung Kanekes
Angklung Reyog
Angklung Banyuwangi
Angklung Bali
Angklung Gubrag
Angklung Badeng
Angklung Buncis
Angklung Padaeng
Angklung Sarinande
Angklung Toel
Angklung Sri-Murni

Akhri Kata

Demikianlah penjelasan lengkap tentang alat musik melodis serta contoh alat musik melodis. Semoga dengan tulisan ini Anda tidak bingung lagi perbedaan antara alat musik melodis dan alat musik ritmis.

Komentar

Postingan Populer