Mengenal Bagian Bagian Utama Biola, Newbie Wajib Tahu!

 

Hai sobat blog…

Siapa sih yang gak kenal dengan biola? Yap, alat musik gesek yang satu ini memang memiliki keunikan tersendiri sehingga sangat menarik jika kita bahas.

Namun, tahukah kamu apa saja bagian bagian utama pada biola? Untuk mengetahui jawabannya, yuk simak penjelasan berikut hingga tuntas!

Pengertian Biola

Biola merupakan sebuah alat musik dawai yang dimainkan dengan prosedur digesek. Biola memiliki empat senar (G-D-A-E) yang disetel tidak sama satu sama lain dengan interval sempurna kelima. Nada yang paling rendah merupakan G.

Di selang keluarga biola, yaitu dengan biola alto, cello dan double bass atau kontra bass, biola memiliki nada yang tertinggi. Alat musik dawai yang yang lain, bas, secara teknis masuk ke dalam keluarga viol. Kertas musik bagi biola nyaris selalu menggunakan atau ditulis pada kunci G.

Sebuah nama yang lazim dipakai bagi biola ialah fiddle, dan biola seringkali dinamakan fiddle jika dipergunakan bagi memainkan lagu-lagu tradisional (lihat di bawah).

Di dalam bahasa Indonesia, orang yang memainkan biola dinamakan pemain biola atau violinis (bahasa Inggris: Violinist - bedakan dengan violis atau pemain viola). Orang yang membuat atau membetulkan alat musik berdawai dinamakan luthier.

Bagian Bagian Utama Biola

1. Senar Biola

Terdapat empat senar pada biola standar yang bisa dimainkan. Empat senar ini memiliki ketebalan yang berbeda sehingga memiliki nada dasar yang berbeda pula. Pada setelan standar, empat senar biola ini berada pada kunci atau nada E, A, D dan G, runtut dari senar terbawah.

Bahan dasar pembuat senar bisa bermacam-macam sesuai dengan selera pemainnya. Di pasaran, senar yang banyak dijual memiliki bahan dasar catgut atau usus domba, nilon dan serat logam. Tentu saja setiap bahan memiliki karakter sendiri dan pemilihannya disesuaikan dengan selera.

2. Tuning Pegs

Bagian tuning pegs adalah bagian yang digunakan untuk mengikat senar pada ujungnya dan bisa diputar untuk menyesuaikan tensi senar. Kencang atau kendornya senar bisa diatur sehingga bisa mendapatkan nada yang diinginkan.

Bagian ini biasanya terbuat dari bahan kayu, walaupun pada beberapa biola bagian ini sengaja dibuat dengan bahan logam agar lebih tahan lama. Sesuai dengan banyaknya senar, terdapat empat slot tuning pegs untuk menyematkan senar.

Pengaturan nada yang dilakukan bisa mengandalkan pendengaran kamu sendiri, atau bisa menggunakan alat khusus atau aplikasi dari smartphone.

3. Bow Hair

Pada bagian bow yang biasanya juga terbuat dari kayu, terdapat serat khusus yang ditarik dari ujung ke ujung bow sehingga berada pada tensi tertentu. Serta ini yang kemudian digesekkan pada bagian senar dan bisa menghasilkan bunyi atau nada khas biola yang berbeda dengan alat musik lain.

Serat bow berkualitas biasanya terbuat dari bahan rambut ekor kuda, karena dinilai memiliki konsistensi dan serta yang sangat baik. Meski pada beberapa produk bow memakai serat sintetis, namun rambut ekor kuda merupakan bahan paling direkomendasikan.

4. F-hole

Sebenarnya, penggunaan lubang pada bagian badan biola memiliki fungsi dasar sebagai sirkulasi udara sehingga udara bisa masuk, digetarkan, dan keluar dengan leluasa.

Sebelum menggunakan bentuk F ini, biola lebih dulu menggunakan bentuk C dan S. Namun, pada perkembangannya bentuk F dinilai menghasilkan suara yang lebih ‘bulat’ sehingga digunakan hingga kini.

5. Bridge

Bagian bridge merupakan bagian kecil yang berada pada posisi tengah badan dan berfungsi sebagai perantara pada senar. Bagian ini menjadi penting karena menjadi titik penentu dimana senar digesek. Terbuat dari bahan dasar kayu, bridge merupakan syarat mutlak pada biola.

Terdapat beberapa bagian lain yang bisa dikulik lebih jauh, namun secara garis besar beberapa bagian inilah yang terpenting. Tentu tidak berarti bagian badan, leher, dan bagian lain tidak penting, namun bagian ini merupakan bagian unik dan khas pada biola.

Nah, itulah bagian bagian utama pada biola yang wajib kamu ketahui sebelum memainkannya. Setelah ini, kamu diharapkan dapat berlatih untuk meningkatkan kemampuan mu dalam bermain biola. Bisa dimulai dengan memainkan lagu lagu yang mudah saja seperti Lagu Surat Cinta UntukStarla milik Virgoun.