Mengenal Celempung, Alat Musik Khas Jawa Barat yang Semakin Punah


Sebagian besar orang mungkin tidak mengenali alat musik yang satu ini. Akan tetapi, masyarakat Jawa Barat tentu sudah tidak asing dengan celempung ini. Instrumen musik inni merupakan alat musik tradisional Jawa Barat.

Seiring berjalannya waktu, penggunaan alat musik ini kian menurun dari tahun ke tahun. Sangat disayangkan memang, sebagai generasi penerus bangsa, seharusnya kita menjunjung tinggi budaya tradisional yang kita miliki.

Dkitambah lagi, alat musik yang satu ini memiliki keunikan tersendiri. Penasaran? Yuk, simak pembahasannya di bawah ini.

Apa Itu Celempung?

Celempung adalah alat musik tradisional yang berasal dari daerah Jawa Barat. Instrumen musik gtradisional ini terbuat dari bambu dengan panjang 50 hingga 70 cm. celempung dibuat secara manual, sehingga mempunyai kualitas yang sangat bagus.

Di mulai dari proses pemotongan, penyerutan menggunakan pisau khusus, bahkan terdapat pula sebuah celempung yang di ukir agar memiliki nilai seni yang sangat tinggi. Celempung biasanya dikolaborasikan dengan alat musik lainnya seperti kecapi, karinding, hingga angklung.

Alat musik celempung ini lebih mengutamakan gelombang resonansi yang ada dalam ruas batang bambu tersebut. Cara memainkan alat musik ini yaitu dengan cara dipukul menggunakan alat pemukul yang terbuat dari kayu.

Sejarah Alat Musik Celempung

Meskipun celempung diketahui merupakan alat musik khas Jawa Barat, namun belum diketahui secara pasti asal mulanya alat musik ini di temukan, kapan celempung di buat dan berasal dari mana. Yang pasti, instrumen musik ini sudah sangat lama digunakan sejak dulu.

Bahkan hingga saat ini, penggunaan celempung di beberapa daerah di Jawa Barat masih dikategorikan statusnya aktif. Terlebih lagi di berbagai acara kesenian Sunda, sudah pasti karinding, celempung, kecapi, hingga angklung akan hadir memeriahkan acara tersebut.

Jenis-Jenis Celempung

Terdapat beberapa jenis celempung, diantaranya :

• Celempung Renteng


Celempung jenis ini merupakan beberapa alat musik celempung yang digabung menjadi satu bagian hingga bisa menghasilakn bunyi yang lebih indah dari sebelumnya. Jenis celempung ini adalah pengembangan dari celempung biasa yang awalnya hanya berbentuk sebilah bambu saja.

• Celempung Indung


Celempung indung biasa dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat puku khusus. Alat pukul yang satu dipegang oleh tangan kanan, dan tangan kiri sebgai pengatur resonansi dari suara gong celempung itu sendiri.

Celempung indung terdiri dari 3 sabitan kulit bambu dan sabitan paling depan adalah untuk gong celempung. Umumnya, celempung indung ini digunakan sebagai alat musik ritmis, yakni alat musik yang tidak memiliki nada, hanya sebagai pengiring bentuk ketukan saja.

Nah, itulah informasi seputar alat musik tradisional celempung. Sebagai generasi bangsa, sudah sepantasnya untuk ikut dalam melestarisan warisan budaya Indonesia. Dimulai dari belajar mengenal hingga memahami budaya guna melestarikan warisan nenek moyang kita.