Mengenal Alat Musik Harmonika


Tahukah kamu, terdapat banyak sekali alat musik melodis, salah satu yang banyak digunakan adalah harmonika. Harmonika adalah alat music modern tiup yang sebenarnya telah digunakan sejak 5000 tahun yang lalu di China, dan dikenal dengan nama Sheng.

Alat musik ini cukup mudah untuk dimainkan setiap orang. Namun, meski terlihat mudah, pada dasarnya diperlukan latihan untuk dapat menguasai alat musik yang satu ini.

Pada kesempatan ini, kita akan membahas mengenai alat musik harmonika mulai dari pengertian, sejarah, jenis hingga cara memainkannya. Simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Alat Musik Harmonika

Harmonika adalah satu dari sekian banyak jenis alat musik tiup yang berbentuk kotak ukuran kecil. Sederhana, dan mudah untuk dibawa kemana-mana. Alat musik ini memiliki bunyi yang unik dibandingkan dengan alat musik tiup lainnya.

Merupakan alat musik tiup. Sumber bunyi harmonika berupa pelat getar atau reed yang dipasangkan pada piring pelat getar. Saat dilewati udara, maka reed akan merespon dengan cara bergetar bolak balik melalui lubang yang sudah dibuat pada reed plate dan menghasilkan bunyi.

Sejarah Alat Musik Harmonika

Alat musik harmonika berasal dari negara China dan merupakan alat musik tradisional China yang diberisebutan Sheng. Instrumen tradisional tersebut sudah digunakan sekitar 5000 tahun yang lalu, tepatnya sejak kekaisaran Nyu-Kwa. Alat musik harmonika terbuat dari logam.

Harmonika modern ditemukan oleh Christian Friedrich Buschmann pada tahun 1821. Sebuah instrumen musik tiup sederhana yang terdiri dari plat-plat getar dari logam yang disusun secara horozontal dengan desain yang kurang baik dan hanya menyediakan nada tiup kromatis.

Desain awal karya Buschmann akhirnya banyak ditiru dan dimodifikasi menjadi lebih baik. Salah satu contohnya adalah harmonika buatan Richter yang merupakan desain awal dari sebuah harmonika modern.

Tahun 1826, ia mengembangkan variasi harmonika dengan 10 lubang tetap dan 20 pelat getar dengan pemisahan fungsi pelat yang ditiup dan yang dihisap. Pada akhirnya, nada yang dibuat oleh Richter disebut sebagai nada diatonis dan merupakan nada standard harmonika.

Pada tahun 1847, keluarga Seydel "Johann Christian Seydel dan Christian August Seydel" yang sebelumnya adalah keluarga penambang di Sachsenberg-Georgenthal /Saxony mulai mengembangkan usaha pembuatan instrumen harmonika di karenakan kegiatan usaha penambangannya yang dihentikan.

Pabrik pembuatan harmonika di tempatkan di Klingenthal di bawah kaki gunung 'Aschberg', selanjutnya seydel semakin mngukuhkan diri sebagai pabrikan harmonika di seluruh wilayah Saxony. Bisnis alat musik harmonika baru dimulai pada tahun 1857. Saat itu, pengrajin jam Jerman bernama Matthias hohner memutuskan untuk menjadi produsen harmonika, berkat bantuan dari keluarganya, ia mampu memproduksi 650 harmonika.

Hohner memperkenalkan harmonika ke Amerika Utara pada 1862 sebuah langkah yang membawa pabrikan Hohner menjadi produsen nomor satu utnuk harmonika. Di tahun 1887, Hohner telah memproduksi lebih dari 1 juta harmonika per tahunnya. Sekarang, Hohner telah memproduksi lebih dari 90 model harmonika yang berbeda jenis, nada, dan model. Yang memungkinkan untuk memainkan berbagai macam gaya musik mulai dari pop, blues, rock, country, ska dan masih banyak lagi.

Jenis-Jenis Harmonika

• Chord Harp

Bisa dibilang jenis ini merupakan harmonika yang berukuran paling besar yang paling banyak memiliki chord. Masing-masing chord dibedakan dari lubang tiup dan lubang sedot. Harmonika jenis ini termasuk edisi khusus untuk pemain klasik ataupun hamonika grup.

• Tremolo dan Echo Harp

Harmonika jenis ini memberikan efek gema atau berulang pada nada yang kita mainkan. Umumnya, harmonika jenis ini memiliki 12 semitone.

• Diatonic Harp

Harmonika jenis ini mempunyai 10 lubang, dan punya modal richter-tuned yang artinya memungkinkan kita untuk memainkan 1 kunci harmonika di beberapa chord yang berbeda. Alat musik ini biasanya dipakai untuk mengiringi jenis musik blues, country, dan folk, tapi ga menutup kemungkinan juga bisa diterapkan ke jazz ataupun klasik.

• Chromatic Harp

Harmonika chromatic memiliki tombol disamping yang berguna untuk menggeser slide penutup lobang yang ada untuk menghasilkan nada-nada cres. Sebagai contoh di lobang nomo 3 yang bunyinya C, berarti jika kita menekan tombol tersebut akan merubah bunyinya bisa menjadi C# atau Db. Alat musik ini biasa digunakan untuk mrngiringi jenis musik pop, jazz dan klasik.

Demikian penjelasan mengenai alat musik harmonika beserta jenis-jenisnya. Apakah kamu tertarik untuk memainkan alat musik ini?

Komentar

Postingan Populer