Pengertian Karakteristik Alat Musik Kalimba dan Cara Bermainnya

Alat musik perkusi yang unik dan kaya akan manfaat, sebut saja alat musik Kalimba. Kali ini kita akan membahas bersama-sama mengenai alat musik Kalimba. Mulai dari apa itu sebenarnya alat musik Kalimba, dari mana asal-usul alat musik tersebut, bagaimana cara memainkannya, bahkan apa manfaat dari memainkan alat musik perkusi Kalimba.

Pengertian Alat Musik Kalimba

Kalimba merupakan alat musik perkusi yang terdiri dari sebuah kotak suara dengan tuts-tuts logam yang menempel di bagian atas. Tuts-tuts ini dibuat berbeda-beda dengan tujuan agar mampu memberikan not-not yang berbeda pula.

Alat musik Kalimba biasa di tuning pada nada dasar C Mayor atau G Mayor. Alat musik Kalimba sendiri cukup beragam yang didasarkan pada jumlah tutsnya, beberapa ada yang berjumlah 8 tuts dan ada pula yang memiliki 17 tuts.

Alat musik Kalimba termasuk ke dalam alat melodi, sehingga dapat memainkan vokal utama dalam permainan musik.

Asal-usul dan Perkembangan Alat Musik Kalimba

Kalimba merupakan alat musik perkusi yang berasal dari Afrika Selatan. Kalimba sendiri merupakan alat musik versi modern dari alat musik tradisional yang dikenal dengan sebutan Mbira.

Alat musik Kalimba ini diperkenalkan ke seluruh dunia oleh Hugh Tracey. Kemudian akhirnya berhasil menyetel skala tangga nada Do-Re-Mi versi barat ke dalam alat musik Kalimba. Hal ini kemudian yang menjadikan Kalimba berbeda dengan Mbira.

Pada awal perkembangannya, alat musik Kalimba ini banyak dimainkan di Benua Eropa dan Amerika, kemudian seiring berkembangnya waktu tidak sedikit masyarakat Indonesia yang mulai mengenalnya dan memainkannya.

Karakteristik Alat Musik Kalimba

Sama seperti alat musik jenis lainnya, Kalimba juga memiliki beberapa jenis dan model bentuknya. Bahan materialnya juga beraneka ragam, mulai dari kayu sampai akrilik. Penggunaan alat musik Kalimba kayu dipilih dengan alasan lebih ringan dan sederhana, sementara alat musik Kalimba akrilik dipilih dengan alasan Kalimba lebih aesthetic dan elegan model dan desainnya.

Seiring perkembangan zaman, Kalimba juga mengalami perkembangan dan inovasi dari segi jumlah tuts yang dimiliki alat musik Kalimba. Setidaknya sampai detik ini, Kalimba memiliki tuts dengan jumlah 8, 10,11, sampai 21 tuts. Pada masing-masing tuts tersebut telah dipasang petunjuk not angka agar memudahkan bagi para pemainnya.

Semakin banyak kunci, maka otomatis range nadanya juga semakin luas. Alat musik Kalimba dengan dilengkapi tuts yang banyak akan membuat kita lebih eksplorasi mengenai melodi yang lebih luas jangkauannya.

Cara Memainkan Alat Musik Kalimba

Sebelum kita mahir dalam memainkan alat musik Kalimba, maka hendaknya kita harus mengenali terlebih dahulu komponen-komponen apa saja yang terdapat pada alat musik khas Afrika Selatan ini.

Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah jumlah kunci Kalimba, cara memegang alat musik Kalimba dengan baik dan benar, sampai bagaimana teknik-teknik dasar yang terdapat pada permainan Kalimba agar dapat menghasilkan harmonisasi nada yang indah.

Alat musik Kalimba ini dapat diibaratkan sebagai alat musik piano modern. Bahkan beberapa juga menyebutnya sebagai alat musik piano jempol. Hal ini dikarenakan Kalimba berupa alat musik yang dimainkan dengan menggunakan jari jempol tangan untuk menghasilkan nada.

Pada saat  memainkan alat musik Kalimba, kita harus menekan ujung tuts dengan menggunakan ujung kuku jempol tangan. Tidak dianjurkan menggunakan bagian telapak jempol tangan, hal ini dapat meredam suara yang dihasilkan Kalimba.

Di samping itu, sebelum memainkannya disarankan untuk melakukan tuning atau stem nada. Hal ini merupakan proses penyelarasan agar nada yang dihasilkan dalam permainan alat musik Kalimba tepat serta dapat membuat harmonisasi melodi yang baik dan indah. berbeda dengan  cara bermain Gin Rummy, Permainan kartu offline .

Manfaat Permainan Alat Musik Kalimba

Dalam memainkan alat musik Kalimba tentunya akan mendapatkan banyak manfaat dan dampak positif bagi siapa saja. Beberapa manfaat dalam permainan alat musik Kalimba dapat ditunjukkan sebagai berikut.

1. Sebagai Ekspresi Diri

2. Melatih Konsentrasi Otak

3. Mengasah Kreativitas dan Koordinasi

4. Mengontrol Suasana Hati

5. Penutup Alat Musik Kalimba