6 Jenis Alat Musik yang Dipetik

Banyak alat musik petik yang bisa dimainkan dan sering kita lihat. Nah, kali ini kita akan membahas tentang alat musik yang dipetik dan juga contoh-contohnya, ya.

Alat musik sendiri dibagi dalam tiga kategori, yaitu berdasarkan fungsi, cara memainkan, dan juga sumber bunyi atau suaranya.

Berdasarkan fungsi, alat musik masih terbagi dalam alat musik melodis, harmonis, dan ritmis. Berdasarkan cara memainkan, ada alat musik tiup, petik, gesek, dan juga pukul.

Sedangkan berdasarkan sumber suara, ada alat musik idiofon, membranofon, aerofon, kordofon, dan elektrofon. Lalu, apa itu alat musik petik?

Alat Musik Petik

Alat musik petik menghasilkan suara dari senarnya digetarkan atau dipetik. Alat musik yang dipetik memiliki senar yang nantinya bisa dipetik, baik dengan tangan atau alat bantu.

Selain senar, biasanya juga ada lubang pada alat musik tersebut. Tinggi rendah nada pada alat musik jenis ini dihasilkan dari panjang pendeknya dawai atau senar.

Alat musik petik bisa kita temukan di sekitar, ada yang modern dan ada juga alat musik petik tradisional. Di Indonesia, beberapa alat musik petik tradisional juga sering dipakai sebagai pengiring tari dan kesenian.

Contoh Musik Petik

1. Gitar


Gitar adalah salah satu alat musik petik modern yang paling umum dan sering kita jumpai. Suara dari alat musik ini berasal dari senar yang dipetik dengan jari atau dengan pick.

2. Ukulele


Ukulele mirip dengan gitar. Hanya saja kalau gitar memiliki 6 senar, ukulele cuma memiliki 4 senar. Ukuran ukulele juga lebih kecil dan ringan.

3. Harpa


Harpa adalah alat musik harmonis yang cara memainkannya juga dengan dipetik. Alat musik ini bentuknya tinggi, umumnya berwarna emas, dan memiliki 22-47 senar.

Harpa dimainkan dengan tangan, dan juga dengan tangan dan kaki, seperti yang ditemui pada pedal harp.

4. Sasando


Sasando adalah alat musik tradisional yang berasal dari Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT). Sasando terbuat dari bambu khusus yang berbentuk tabung panjang dengan lengkungan pada bagian sisinya. Bagian lengkung yang ini berfungsi sebagai lubang resonansi sasando.

5. Kecapi



Kecapi adalah musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Sumber suara alat musik ini berasal dari petikan dawai atau senar pada tubuh kecapi.

6. Siter


Siter termasuk salah satu alat musik petik pada gamelan yang berasal dari Jawa Tengah. Jenis siter beragam, ada siter penerus ukurannya kecil serta celempung berukuran besar.

Alat musik petik tradisional Indonesia seperti siter ini masih dilestarikan terutama di Jawa, yang biasa dimainkan saat pagelaran seni atau upacara adat.

Nah, itulah pengertian dan contoh dari alat musik petik yang dimainkan dengan cara memetik senar.