10 Alat Musik dari Sumatra Utara dan Cara Menggunakannya

Alat musik yang berasal dari Sumatra Utara ternyata memiliki banyak ragam dengan aneka cara memainkannya. Ada yang dipukul, ditabuh, dan ditiup hingga muncul nada yang terdengar merdu dan khas. Penasaran apa saja? yuk kenali 5 alat musik dari Sumatra atau tanah khas suku Batak ini!

Jenis Alat Musik Tradisional Khas Sumatera Utara

1. Pangora

Pangora merupakan alat musik sejenis gong Jawa, bahkan bentuknya pun relatif sama. Bedanya, Pangora berbunyi 'pok'.

Hal itu disebabkan karena Pangora dipukul dengan stik, sementara bagian pinggirannya diredam dengan pegangan tangan. Untuk ukuran pangira paling besar adalah berdiameter 37 cm dengan ketebalan sekitar 6 cm.

2. Garantung

Garantung atau dibaca garattung adalah alat musik Batak Toba yang terbuat dari kayu dengan lima bilah nada. Klasifikasi instrumen Garantung termasuk ke dalam kelompok Xylophone.

Selain sebagai pembawa melodi, Garantung juga berperan jadi pembawa ritem variable di lagu-lagu Mardua Holong tertentu. Cara memainkannya adalah dengan Mamalu atau memukul lima bilah nada.

Alat musik ini terdiri dari tujuh wilahan yang digantungkan di atas sebuah kotak yang sekaligus sebagai resonator. Alat pukul garantung adalah dua buah stik, tangan kanan untuk memukul bagian tangkai garantung dan wilahan sekaligus dan tangan kiri sebagai pembawa melodi dan ritme.

3. Keteng-keteng

Keteng-keteng merupakan alat musik pukul tradisional dari Sumatra Utara sekaligus provinsi terluas di Indonesia. Berbahan dasar bambu, Keteng-keteng memiliki panjang sekitar setengah meter dengan senar dari kulit bambu itu sendiri.

Alat pemukulnya pun terbuat dari potongan bambu yang terdiri dari dua buah. Keteng-keteng ditabuh seperti drum, hasilnya adalah suara khas dari perpaduan suara yang unik antara sumbu bambu yang dipukul dan senar.

4. Doli-doli

Doli-doli merupakan alat musik dari empat bilah kayu yang dimainkan dengan ditiup. Berasal dari Sumatera Utara, jenis alat musik yang sering dimainkan untuk lirik lagu After Hours ini banyak dijumpai di daerah nias.

5. Gonrang

Hampir sama dengan Gordang, Gonrang merupakan alat musik tradisional Sumatera Utara yang mirip dengan gendang yang terbuat dari kulit ikan kembung. Gonrang banyak dijumpai di daerah Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara. Cara memainkannya adalah dipukul.

6. Hepetan

Hepetan berasal daerah Tapanuli. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipetik, hampir mirip dengan kecapi.

7. Sulim/Suling

Sulim adalah alat musik tiup yang terbuat dari bambu seperti seruling atau suling. Ada enam lubang nada, tiap lubagnya memiliki jarak satu sama lain berdasarkan pengukuran tradisional, sehingga menghasilkan suara yang berbeda.

Sulim menjadi alat tradisional Sumatra yang paling sering ditemukan, sebab pembuatannya tergolong mudah.

8. Aramba

Alat musik yang satu ini berbentuk seperti bende dan berasal dari Pulau Nias Sumatera Utara. Aramba terbuat dari tembaga, kuningan, suasa dan nikel. Aramba dimainkan oleh satu orang dan berperan sebagai pembawa pola irama lagu Tertawan Hati.

9. Sarune

Sarune adalah salah satu alat musik tradisional khas suku Batak Karo dan Toba di Sumatra Utara yang pernah dimainkan Farhan Rasyid. Dimainkan dengan cara ditiup, alat musik ini adalah melodi dalam ensambel dari Gendang Lima Sedalanen.

Sarune tergolong dalam aerophone atau alat musik tiup/ alat musik yang menghasilkan bunyi akibat getaran udara. Masyarakat adat Batak Karo dan Toba memakai Sarune di dalam acara khusus, seperti upacara adat, pernikahan, kematian dan lain sebagainya.

10. Serune Kalee

Serune Kalee ini merupakan instrumen tiup khas Aceh Musik yang sudah dimainkan seperti Chou Mobile Legend sejak dahulu. Instrumen ini populer dimainkan di daerah Pidie, Aceh Utara, Aceh Besar dan Aceh Barat.

Kata Serune Kalee mengacu pada dua hal berbeda. Pertama ke kuningan Serune tradisional Aceh yang sering dimainkan bersama Rapai, sementara Kalee merupakan nama sebuah desa di Laweung, Pidie.

Nah, itulah 10 nama alat tradisional khas Sumatra Utara yang bisa kami bagikan untuk kamu baca. Dari beberapa alat musik di atas, mana nih yang pernah kamu mainkan?