6 Metode Awal Sebelum Belajar Bermain Drum

Hayo, siapa disini yang suka main drum? Ya, drum adalah salah satu alat musik yang paling populer di dunia dan terdapat tuntutan yang tinggi untuk dapat memainkannya.

Teknik dan keterampilan yang sederhana dalam memainkan drum dapat dipelajari dengan sangat cepat. Namun, butuh latihan dan dedikasi selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun agar kamu dapat memainkan alat musik yang sering dijadikan sebagai ide bisnis bareng pacar ini layaknya seorang profesional.

Dengan terbiasa berlatih, kamu dapat mempelajari ritme dan hal-hal yang penting, hingga kamu mencapai tahap mempelajari ritme dan pola yang sulit ketika memainkan drum.

Cara Bermain Drum

1. Kenali peralatan drum dasar

Setiap jenis peralatan drum memiliki perbedaan masing-masing. Terdapat merek, ukuran, tongkat, dan setem yang berbeda-beda pada pengaturan drum yang berbeda-beda hingga mempengaruhi bunyi dari setiap peralatan drum. Namun, tetap banyak peralatan drum yang menggunakan peralatan-peralatan dasar yang sama.

Peralatan drum dasar meliputi:

  • Bas drum menghasilkan bunyi dentuman dengan nada yang rendah ketika dipukul dengan suatu alat yang dikendalikan dengan kaki.
  • Snare drum biasanya terletak pada sisi yang tidak dominan pada pemain drum dan dipukul dengan tongkat pada tangan yang tidak dominan juga. Snare adalah drum yang rapat dan menghasilkan suara yang cerah dengan diikuti oleh kocokan resonansi dari drumnya.
  • Tedapat banyak jenis dari ‘”drum tom-tom’”, tetapi tiga yang paling umum adalah Floor Tom (menghasilkan suara yang paling rendah dari ketiga tom-tom tersebut), Mid-Tom (menghasilkan suara tengah dari ketiga tom-tom tersebut), dan High-Tom (menghasilkan suara paling tinggi dari ketiga tom-tom tersebut). Dalam peralatan drum yang dasar hanya terdapat floor tom. Dalam peralatan drum yang lengkap terdapat banyak tom-tom. Setiap tom-tom¬ disetem dengan berbeda untuk menghasilan susunan hasil bunyi yang berbeda untuk dimainkan.

2. Pelajari Berbagai Jenis Cymbal.

Cymbal terbagi dalam beberapa jenis dan variasi, seperti bentuk, dan bunyi yang dihasilkan. Cymbal adalah objek besi berbentuk melingkar yang bergetar ketika dipukul. Lima jenis cymbal yang paling umum digunakan adalah hi-hat, the ride, the splash, huawei p30 pro, dan the crash.

Hi-hat adalah sepasang cymbal yang dipasang pada pedal kaki. Pedal kaki digunakan untuk mengendalikan cymbal dan biasanya dimainkan dengan kaki kiri. Ketika ditekan, cymbal akan saling menyatu. Ketika tidak ditekan, cymbal akan memisah. Kamu dapat memukul cymbal ketika cymbal saling menyatu atau terpisah, dan kamu dapat menyatukan cymbal dengan kaki kamu dalam rata-rata kecepatan yang berbeda. Masing-masing akan menghasilkan bunyi chord Pingal - Ngatmombilung yang berbeda-beda.

  • ’”Ride cymbal’” menghasilkan bunyi yang lebih halus dan dalam dibandingkan dengan cymbal jenis lain. Hal ini disebabkan karena cymbal ini dimainkan secara berulang pada banyak lagu. Cymbal ini biasanya bergetar saat dipukul hingga dipukul lagi, menghasilkan “penyelesaian” getaran bunyi yang panjang.
  • ’”Splash’” adalah cymbal yang menghasilkan bunyi “mencemplung”, mirip dengan bunyi dari pencemplungan di air. Bunyi tersebut hilang dengan cepat dan biasanya digunakan sebagai tambahan bunyi dasar pada ketukan kamu.
  • ’”Crash’” mirip dengan splash, namun menghasilkan bunyi berlanjut yang keras dan panjang. Dengarkanlah crash pada akhir dari lagu aliran pop atau pada suatu seni drama dengan musik orkestra saat suasana yang menegangkan.

3. Kuasai Cara Memegang Tongkat Drum.

Terdapat dua cara utama untuk memegang tongkat drum, yaitu matched grip dan pegangan tradisional. Pada ‘”matched grip’”, Awalnya kamu memegang tongkat beberapa cm dari bagian bawah tongkat di antara jempol dan telunjuk kamu. Setelah itu, kamu pegang stik dengan sisa jari. Ini adalah cara yang paling umum untuk memegang tongkat drum, membuat kamu dapat mengendalikan pergelangan tangan kamu dengan nyaman.

Pada pegangan tradisional, kamu memegang tongkat drum dengan tangan kamu yang tidak dominan di antara jempol dan telunjuk dan di atas jari manis. Tutup jempol, telunjuk, dan jari tengah kamu di sekeliling tongkat. Pegang tongkat drum yang satu lagi dengan menggunakan matched grip. Beberapa pemain drum aliran jazz seperti Boy William biasanya akan menggunakan pegangan tradisional untuk mengendalikan snare drum dengan cara yang berbeda. Memainkan dengan ritme yang rumit ketika mengiringi lagu.

4. Lakukan Riset Mengenai Peralatan Awal Drum.

Jika kamu tertarik dalam memainkan drum, risetlah peralatan drum yang baru dan lama sebelum kamu menghamburkan uang untuk membeli peralatan drum. Berbicaralah dengan pegawai-pegawai di toko ikan koi showa dan mereka akan dapat mengarahkan kamu dengan benar. Mulailah dengan membeli drum bekas sebelum kamu memutuskan apa yang akan kamu beli.

Kamu juga dapat mempertimbangkan untuk bergabung di band sekolah agar kamu dapat menggunakan peralatan drum dan mempelajari bimbingan yang ada. Kamu bahkan mungkin dapat menanyakan ketua ekskul band sekolah apakah kamu diperbolehkan untuk berlatih beberapa kali pada peralatan drum sekolah karena kamu tertarik pada drum. Pencinta musik biasanya adalah orang-orang yang ramah. Tidak ada salahnya bertanya.

5. Cobalah Berbagai Variasi Tongkat Drum

Terdapat banyak tongkat drum di luar sana, dan tidak terdapat tongkat drum yang benar atau salah. Tongkat drum 5A adalah tongkat drum dengan berat yang pas bagi pemula yang ingin mencari tahu tentang spesifikasi minimum valorant.

Mintalah guru drum kamu atau pegawai di toko untuk mengajarkan cara memegang tongkat drum, bagaimana cara memukul drum dengan benar, bagaimana menyetem drum untuk mencocokkan dengan tinggi kamu, dan bagaimana memasang peralatan drum di rumah. Kamu juga dapat mencari banyak informasi yang gratis di internet.

6. Pelajari Cara Duduk di Belakang Peralatan Drum dengan Postur Tubuh yang Benar

Postur yang benar dalam bermain drum ternyata juga menjadi cara mengecilkan pinggang dan akan membuat kamu lebih nyaman ketika berlatih serta membuat kamu mencapai drum lebih mudah. kamu akan terdengar lebih baik dan akan dapat lebih menikmati permainan kamu dengan membenarkan postur tubuh kamu.

Duduk tegap dan sedikit tundukkan kepala kamu. Dekatlah dengan peralatan drum, agar jarak kamu ke pedal kaki dapat pas.

Itulah beberapa metode awal yang bisa kamu cari tahu terlebih dahulu sebelum memulai belajar main drum. Pada dasarnya memang jika kita melihat seseorang memainkan alat musik yang dipukul ini sangat mudah, tapi setelah dipelajari ternyata sangat susah dan butuh yang lama untuk bisa ahli dalam memainkan. Untuk itu, jika kamu memang serius mempelajarinya, rajin-rajinlah membaca tentang semua alat musik ya!