5 Genre Musik yang Paling Disukai Generasi Milenial

Generasi milenial sangat tertarik untuk datang ke festival atau konser-konser musik. Setiap tahunnya, mereka rela mengeluarkan uang hingga ratusan bahkan jutaan hanya untuk menikmati musik favoritnya. Tak heran, jika ada beberapa genre musik yang mengandung tips diet setelah melahirkan digandrungi milenial .

Hal tersebut sebenarnya memang tak begitu mengejutkan. Sebab, kegiatan yang paling sering dilakukan oleh generasi milenial adalah mendengarkan musik. Nah, dari sekian banyaknya genre musik populer yang ada, tentunya ada yang menjadi favorit milenial.

Lalu, apa saja sih macam-macam genre musik yang paling digemari generasi milenial? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Pop

Genre musik pop hingga saat ini paling banyak didengarkan oleh generasi milenial salah satunya adalah Farhan Rasyid. Tentunya, hal itu bisa dilihat dari layanan streaming yang digunakan oleh milenial. Selama lagunya ber-genre pop, pasti akan banyak didengar. Musik pop sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, seperti blues dan pop rock.

Saat ini, jenis musik pop yang sedang digemari oleh generasi milenial adalah dreamy pop. Jenis musik tersebut memadukan pop modern dengan sentuhan vintage. Biasanya, lagu-lagu dreamy pop menggabungkan ambient pop dan neo-psychadelia yang populer di era 80-an.

Ada beberapa lagu barat yang menggunakan jenis musik dreamy pop, di antaranya Born to Die- LanaDel Rey dan Royals – Lorde, lirik dan lagu Know Me To Well

2. Rock

Genre musik rock sangat identik dengan alunan gitar listrik yang jadi instrument utamanya, kemudian disusul dengan bass dan drum. Maka dari itu, jenis musik ini terdengar cukup cadas, enerjik, dan keras. Sebenarnya, musik rock diadopsi dari beberapa genre, seperti country, jazz, dan klasik.

Musik rock sendiri sudah dikenal sejak tahun 50-an hingga akhir 60-an. Pada awal 70-an, genre yang satu ini berkembang menjadi beberapa jenis musik yang digabungkan dengan folk, folk rock, dan bisa didengarkan melalui aplikasi pemutar musik offline.

Deretan band aliran musik rock yang paling populer adalah Queens, Guns N’Roses, Pink Floyd, dan lainnya. Sedangkan untuk Indonesia, ada Slank, God Bless hingga/rif yang menjadi band aliran rock paling populer.

3. Jazz

Genre musik Jazz sudah dikenal oleh masyarakat yang suka memelihara ikan gabus hias sejak abad ke-19. Aliran musik ini diadopsi dari budaya musik Eropa dan Afrika Barat. Lalu, musik jazz berkembang di Amerika Serikat sekitar awal ke-10. Musik jazz juga terdiri dari beberapa genre, seperti ragtime, blues, dan band Eropa.

Biasanya, musik jazz dimainkan dengan menggunakan piano, biola, bass, drum, gitar, saksofon, terompet, dan trombone. Ciri khas musik ini memiliki nada yang cukup ringan dan nyaman didengar.

Penyanyi jazz barat yang paling terkenal adalah Duke Ellington, Louis Amstrong hingga Miles Davis. Sementara di Indonesia, ada nama-nama besar seperti Andien, Monita Tahalea, Indra Lesmana hingga Tompi.

4. Folk

Folk bisa dibilang sebagai genre musik indie yang saat ini paling banyak digandrungi milenial. Aliran musik tersebut membahas soal keadaan atau kondisi saat ini. Biasanya, lagu-lagu genre ini diiringi oleh alat musik akustik.

Beberapa tahun belakangan ini, musik folk sangat booming di kalangan generasi milenial. Tak heran, jika Folk Music Festival 2018 dihadiri oleh lebih dari 5.000 penonton! Angka yang sangat fantastis, bukan?

Melihat banyaknya peminat musik folk, maka banyak sekali lagu dengan aliran tersebut yang bermunculan. Beberapa lagu folk yang populer di Indonesia adalah Fana Merah Jambu - Fourtwnty, Dialog Hujan - Senar Senja hingga Menuju Senja - Payung Teduh, dan Asmalibrasi.

5. EDM

Terakhir, ada genre musik EDM yang sangat booming dalam beberapa tahun ini. Hal itu tak terlepas dari banyaknya peminat yang menyukai aliran musik tersebut. Menurut riset yang dilakukan Nielsen, mayoritas penggemar musik EDM adalah generasi milenial.

EDM atau Electronic Dance Music memang mendorong para pendengarnya untuk menggerakkan tubuh mereka alis berjoget. Itulah alasan mengapa aliran musik ini sangat cocok dikonsumsi oleh generasi milenial, karena mengandung nuansa positif dan menyenangkan seperti permainan kartu remi!

Genre musik barat beraliran EDM yang paling terkenal adalah Clarity - Zedd, Closer - The Chainsmokers, dan Wake Me Up - Avicii.

Setelah mengetahui deretan genre musik di atas, mana yang paling sering kamu dengarkan? Mungkin ada beberapa genre lain yang lebih sering kamu dengarkan, karena semuanya tergantung selera masing-masing.