Pengertian Musik Modern dan Jenis – Jenisnya



Musik modern berbeda dengan musik tradisional. Musik modern mempunyai ketentuan komposisi seperti tangga nada, notasi, instrumen musik dan lain sebagainya. Musik modern juga mempunyai sifat keterbukaan, oleh sebab itu, musik modern dapat terus mengalami perkembangan. Musik modern sifatnya universal dan menyeluruh menjadikan semua orang dapat saja mengerti, memahami, dan menikmati musik modern itu.

Pengertian Musik Modern

Musik modern adalah jenis musik yang memperoleh suatu sentuhan instrumen dan teknologi. Yang tidak berasal dari musik masyarakat yang ada. Jenis musik ini hadir sesudah zaman musik klasik, dan selalu mengalami perkembangan sampai sekarang ini.

Secara umum pengertian musik modern adalah musik yang mendapatkan sentuhan dari instrument dan juga teknologi dan tidak terlahir dari musik masyarakat adat. Musik modern ini muncul setelah era musik klasik yang terus berkembang hingga saat ini. Definisi musik modern ini juga dipengaruhi oleh perkembangan dari teknologi dari bidang musik. Simak selengkapnya mengenai penjelasan musik modern berikut ini.

Musik modern menggunakan aturan dari komposisi seperti tangga nada, notasi dan juga dari bantuan instrument musik lainnya. Musik modern berbeda dengan musik tradisional dan perbedaan tersebut ada pada darimana musik tersebut berasal. Jika musik tradisional berasal dari musik adat dan masyarakat, sedangkan musik modern berasal dari perkembangan musik dan teknologi yang saling dipadukan yang bersifat terbuka dan akan terus berkembang.

Jenis - Jenis Musik Modern

Jika tadi sudah mengetahui mengenai pengertian-pengertian dan fungsi dari musik modern. Maka kali ini akan dijelaskan mengenai apa saja yang termasuk ke dalam jenis musik modern. Berikut adalah jenis-jenis dari musik modern yang ada:

1. Musik Pop

Pop yaitu jenis musik modern yang populer dan banyak dinyanyikan oleh masyarakat luas. Kata pop sendiri diambil dari singkatan kata Populer. Contoh penyanyi musik pop yang terkenal seperti Michael Jackson, Madonna, dan Adele.

2. Musik Rock

Rock yaitu genre musik yang akarnya berasal dari R&B dan Country dari tahun 40an dan 50an. Contoh dari band rock yang terkenal seperti The Beatles, Led Zeppelin, dan The Rolling Stones.

3. Musik Jazz

Jazz yaitu genre musik yang berasal dari kawasan New Orleans, Amerika Serikat dan berasal dari kalangan warga Afrika-Amerika. Musik Jazz sendiri dikembangkan dari genre musik Blues dan Ragtime. Contoh penyanyi jazz terkenal seperti Miles Davis, Charlie Parker dan Duke Ellington.

4. Musik Hip Hop

Hip hop yaitu jenis musik yang teknik bernyanyinya dilakukan dengan cepat dan tidak lepas dari teknik musik rap, teknik beatbox, musik DJ, tarian breakdance, dan juga tulisan graffiti. Contoh dari penyanyi hip hop yang terkenal seperti Jay-Z, Eminem dan Kanye West.

5. Musik R&B

Musik R&B ini yaitu musik yang menggabungkan aliran musik jazz, gospel, dan juga blues. Contoh penyanyinya yang terkenal seperti Mariah Carey, Usher dan Beyonce.

6. Musik Country

Musik country ini berkembang dari musik gospel dan juga musik lagu rakyat Amerika yang sudah ada sejak tahun 1920-an.

7. Musik Blues

Blues yaitu musik dari perkembangan aliran musik folk dan musik tradisional afrika. Contoh penyanyi blues terkenal yaitu B.B. King, Robert Johnson, dan Muddy Waters.

8. Musik Gambus

Gambus adalah alat musik petik seperti mandolin yang berasal dari Timur Tengah. Paling sedikit gambus dipasangi 3 senar sampai paling banyak 12 senar. Gambus dimainkan sambil diiringi gendang. Sebuah orkes memakai alat musik utama berupa gambus dinamakan orkes gambus atau disebut gambus saja.

9. Musik Reggae

Reggae yaitu aliran musik modern yang berasal dari Jamaika di akhir tahun 60an. Contoh penyanyi reggae terkenal yaitu Bob Marley, Peter Tosh, dan Jimmy Cliff.