Sejarah Musik RnB Beserta Musisi RnB Asal Indonesia

Genre musik R&B pertama kali diperkenalkan oleh pemusik Afrika-Amerika. Nama R&B berasal dari istilah pemasaran di Amerika Serikat pada tahun 1947 oleh Jerry Wexler yang pada waktu itu bekerja di majalah Billboard.

Sejarah Musik

R&B (ditulis juga RnB, singkatan dari rhythm and blues) adalah genre musik populer yang menggabungkan jazz, gospel, dan blues, yang pertama kali diperkenalkan oleh pemusik Afrika-Amerika. 

Istilah ini pertama kali dipakai sebagai istilah pemasaran dalam musik di Amerika Serikat pada tahun 1947 oleh Jerry Wexler yang bekerja pada majalah Billboard. Istilah ini menggantikan istilah musik ras dan kategori Billboard Harlem Hit Parade pada Juni 1949. Tahun 1948, RCA Victor memasarkan musik kulit hitam dengan nama Blues and Rhythm. 

Frasa tersebut dibalik oleh Wexler di Atlantic Records, yang menjadi perusahaan rekaman yang memimpin bidang R&B pada tahun-tahun awal. Pada awalnya R&B berkembang dengan ciri permainan musik blues dengan irama agak cepat. Instrumen musik yang lebih dominan selain gitar adalah tenor saxophone.

Karakter Musik

RnB lebih menitikberatkan pada kualitas vokal yang baik, lirik yang lebih santai dan alunan musik yang bisa dinikmati berbagai kalangan. Walaupun tetap ada Rapnya, tapi bedanya adalah alunan musik RnB lebih santai daripada Hip Hop. 

Musik r&b cenderung mengutamakan improvisasi melodi, khususnya vokal para penyanyi dengan harmonisasi yang progresif. Genre music R&B lebih dekat dengan pop, jazz dan soul. 

Ciri-Crii Musik RnB

R&B memiliki ciri alunan musik yang lebih enak di dengar. R&B lebih dekat dengan pop, jazz, dan soul. Genre ini lebih menitik beratkan pada kualitas vokal yang baik dan lirik yang lebih santai. 

R&B cenderung lebih mengutamakan improvisasi melodi, khususnya vocal para penyanyi dengan harmonisasi yang progresif. Teknik vokal seorang penyanyi seperti riffs and runs akan sangat berpengaruh dalam pembawaan sebuah lagu R&B. 

Improvisasi riffs and runs seorang penyanyi akan melengkapi suatu lagu serta membuat lagu tersebut menjadi lebih berwarna dan unik.

Alat Musik RnB

Alat musik yang biasanya digunakan dalam genre musik ini adalah.

• Drum Kit

• Bass Guitar

• Saxophone

• Horns (trompet)

• Electric Guitar

• Organ

Musisi R&B di Indonesia

Meskipun lahir di Amerika Serikat, nyatanya perkembangan musik R&B cukup diterima di berbagai tempat. Begitu pula di Indonesia. Saat ini, R&B adalah salah satu genre musik yang cukup populer dikembangkan oleh musisi di Tanah Air. 

Baik musisi yang sudah punya reputasi besar maupun pendatang baru menghadirkan warna musik mereka sendiri yang cukup membantu memperkenalkan R&B secara lebih luas untuk bisa diterima oleh berbagai kalangan masyarakat Indonesia. 

Berikut adalah beberapa musisi Tanah Air yang cukup aktif memperkenalkan genre musik tersebut.

1. Teza Sumendra

Salah satu musisi Indonesia yang cukup punya karakter kuat memperkenalkan musik R&B adalah Teza Sumendra. Meskipun memilih untuk berkarya di luar ranah mainstream, ciri khas yang kuat dari sang penyanyi maupun karyanya membuat Teza Sumendra bisa diterima di berbagai kalangan penikmat musik Indonesia. Musisi R&B satu ini dikenal dengan suara rendahnya yang khas dan juga ide musik yang ekspresif.

2. Rahmania Astrini

Meskipun tidak bisa dibilang sebagai penyanyi pendatang baru, tapi eksperimen Rahmania Astrini untuk mengarungi ranah musik R&B bisa dibilang cukup sukses. 

Sang musisi sudah berhasil merilis EP berjudul Adolescent yang menjadi titik awal perkembangan musiknya ke ranah R&B dan juga melanjutkan dengan single baru berjudul Butterfly yang menambah warna bagi perjalanan kariernya di tahun 2021 ini

3. Niki

Kehadiran Niki sebagai salah satu musisi Indonesia yang bisa menjangkau pasar internasional membuktikan bahwa R&B adalah genre yang cukup populer di Tanah Air. 

Tinggal dengan ekosistem dan lingkungan yang lebih dekat dari akar R&B membuat Niki mampu memaksimalkan potensinya dalam menghadirkan karya musik yang berbeda dari yang lainnya.

Komentar

Postingan Populer