Pengertian Seni Musik, Genre Jenis Musik, dan Fungsinya


Pengertian seni musik secara garis besar terdiri dari dua kata, yaitu 'seni' dan 'musik' yang masing-masing katanya memiliki arti. Seni adalah keahlian membuat karya yang bermutu dan musik adalah ilmu yang menyusun nada atau suara.

Apabila kedua kata tersebut digabungkan, seni musik adalah cabang seni yang lebih fokus mengutamakan penggunaan harmoni, melodi, irama, tempo dan vokal sebagai sarana menyampaikan nilai-nilai seni itu sendiri dari seniman atau pembuat seni kepada orang lain.

Dalam perkembangannya, seni musik menghasilkan banyak jenis dan genre yang unik. Beberapa genre musik di antaranya adalah pop, rock, jazz, blues, dan lainnya. 

Untuk mengetahui lebih jelas tentang pengertian dan sejarah seni musik, simak informasi di bawah ini.

Pengertian Seni Musik

Apa pengertian seni musik? Menurut buku Kamus Musik karangan Banoe P, seni musik adalah cabang seni yang menggunakan media bunyi atau suara untuk menyampaikan karya yang diusungnya.

Ada juga pengertian seni musik yang disampaikan oleh para ahli, mulai dari Jamalus hingga David Ewen. Berikut uraian singkat tentang pengertian seni musik menurut para ahli, di antaranya:

Jamalus : Seni musik adalah hasil karya seni berupa bunyi yang dituangkan dalam bentuk lagu atau komposisi sebagai ungkapan perasaan dan pikiran penciptanya melalui unsur-unsur pokok musik yaitu melodi, irama, harmoni, dan bentuk atau struktur lagu serta ekspresi sebagai sumber kesatuan.

David Ewen : Seni musik adalah ilmu pengetahuan seni tentang kombinasi ritmik dari nada-nada, baik vokal maupun instrumental yang meliputi harmoni dan melodi sebagai ekspresi dari segala sesuatu yang ingin diungkapkan terutama aspek emosional.

Genre dan Jenis Seni Musik

Hingga kini, keberadaan seni musik di lingkungan sekitar sudah menjadi bagian penting dalam hidup seseorang. Tidak sedikit bahkan dari para penikmat musik yang menggantukan kehidupannya dengan jenis-jenis musik yang ada di sekitar.

Lantas, apa saja jenis seni musik yang berkembang di tengah masyarakat dari tahun ke tahunnya? Menurut buku Apresiasi Seni Musik Kelas XII SMA yang diterbitkan oleh Yudhistira, berikut informasinya!

1. Musik Klasik

Musik klasik adalah istilah musik yang berakar dari tradisi kesenian barat, musik kristiani, dan musik orkestra yang muncul pada abad ke-9 hingga ke-21.

Perkembangan musik klasik terjadi di daratan Eropa. Itu sebabnya, kebanyakan musik klasik kerap dimainkan dan populer di kalangan orang Eropa. Beberapa musisi yang ada di dalam genre ini, ialah:

• Mozart
• Johann Pachelbel
• Chopin
• Beethoven

2. Musik Jazz

Musik jazz merupakan jenis musik yang diikuti dengan penggabungan dari genre musik yang lainnya, seperti blues, ragtime, hingga musik band. Biasanya alat musik yang mendominasi jenis musik ini adalah terompet, piano, saksofon, hingga gitar. Berikut beberapa musik jazz yang ada di Indonesia, di antaranya:

• Barry Likumahuwa Krakatau
• Jopi Item
• Indra Lesmana
• Benny Likumahuwa
• Bubi Chan

3. Musik Blues

Musik blues lahir pada abad ke-19 dan ditemukan pertama kali oleh  para budak atau petani kapas keturunan Afrika-Amerika di Mississippi.

Dalam musik ini, penggunaan lirik-liriknya disertakan blue note dan ada penerapan lain dalam pola call dan response. Siapa saja musisi dan band yang terkenal dengan jenis musik blues?

• Slank
• Endah dan Rhesa
• Titiek Puspa
• Rama Satria Claproth

Selain ketiga jenis musik di atas, ada juga jenis musik lainnya yang terus berkembang, seperti reggae, rap, pop, death metal, hingga musik dangdut.

Fungsi Seni Musik

Tidak hanya sebagai hiburan semata, seni musik juga memiliki fungsi bagi para pendengarnya. Menyadur buku Pendidikan Seni Budaya karangan Yoyok RM, dkk, berikut fungsi seni musik yang dibedakan menjadi dua, yakni:

a. Musik sakral

Musik sakral adalah musik yang difungsikan untuk pribadi keagamaan, musik iringan upacara adat, pernikahan, hingga kematian. Jenis musik sakral, di antaranya zikir, liturgi, dan gendhing kebo giro.

b. Musik profan

Musik profan bisa disebut juga dengan musik duniawi yang difungsikan sebagai hiburan semata. Umumnya musik profan ini bersifat pribadi yang berisikan ungkapan perasaan pendengarnya.