Alat Musik yang Mudah Dipelajari Pemula, Wajib Coba Salah Satunya

 


Musik merupakan hiburan yang dapat dinikmati oleh setiap orang tanpa batasan usia, sebab ada banyak genre yang dapat disesuaikan dengan selera masing-masing.

Mendengarkan musik dapat digunakan sebagai media untuk mengungkapkan perasaan saat ini. Misalnya memutar musik dengan lirik yang  sedih saat galau, atau mendengarkan lagu ceria saat merasa senang.

Belakangan ini, selain mendengarkan musik, banyak orang juga yang mencoba untuk belajar memainkan alat musik.

Mesipun ada beberapa alat musik yang membutuhkan waktu lama untuk mempelajarinya. Namun ada juga alat musik yang mudah untuk dipelajari, sehingga cocok untuk dicoba para pemula.

Kali ini, Musikalisasi bakal membahas rekomendasi alat musik yang gampang dipelajari pemula. Jangan sampai ketinggalan informasinya, ya!

Harmonika


Rekomendasi alat musik pertama untuk para pemula adalah Harmonika. Alat musik tiup yang satu ini cukup mudah untuk dibawa, sehingga dapat dimainkan dimana saja.

Alat musik yang menghasilkan harmonisasi suara yang indah ini, bisanya digunakan untuk mengiringi musik bergenre blues maupun country.

Sebenarnya ada banyak jenis harmonika yang diperjual belikan di pasaran. Namun untuk pemula, disarankan untuk membeli jenis harmonika kromatik atau diatonik saja dulu.

Alat Musik Keyboard


Keyboard merupakan sebuah alat musik yang bentuk dan cara menggunakannya mirip dengan piano. Namun, alat musik ini telah dilengkapi dengan tombol otomatis yang telah terprogram, sehingga dapat mengeluarkan suara-suara instrumen seperti suara drum, suling, kastanyet, dan lain-lain.

Seiring dengan perkembangangannya, keyboard juga dilengkapi dengan fasilitas style (musik iringan), untuk karaoke, bahkan ada juga yang menyertakan alat rekam.

Bagi anda yang pemula yang ingin menggunakan alat musik keyboard ini, dapat belajar beberapa kunci nada yang terletak pada nada dasar C. Untuk keempat kunci tersebut, terdiri dari I, IV, V,dan juga VI. Sebab, ketika anda belajar keyboard dengan menggunakan nada dasar C terlebih dahulu, maka hal tersebut akan lebih memudahkan.

Tamborin


Tamborin adalah alat musik perkusi yang dimainkan dengan cara ditabuh dan digoyangkan, hingga menghasilkan suara gemerincing.

Karena cukup mudah untuk dimainkan, tamborin menjadi salah satu alat musik yang disarankan untuk dimainkan oleh para pemula.

Instrumen ini biasanya dimainkan dengan cara dipegang secara vertikal dan digoyang menggunakan salah satu tangan. Kemudian tangan satunya bertugas memberikan tabuhan pada membran kulit. Dengan begitu, tamborin akan menghasilkan bunyi tabuhan sekaligus gemerincing yang enak didengar.

Pianika


Alat musik selanjutnya yang cocok untuk dipelajari pemula adalah pianika. Alat musik yang satu ini sudah sangat familiar, karena merupakan salah satu alat musik yang dipelajari di sekolah.

Tergolong ke dalam alat musik tiup, pianika dimainkan mengasilkan suara dengan cara meniupkan udara pada pipa lentur yang tersedia. Di saat bersamaan, tangan kanan digunakan untuk menekan salah satu tuts yang ada di papan pianika, Masing-maisng tuts pianika akan mengeluarkan nada tertentu jika ditiup. Sedangkan tangan kiri bisanya digunakan sebagai penyangga pianika.

Alat Musik Triangle


Triangle termasuk alat musik ritmis dan tak bernada, yang bisanya dimainkan bersamaan dengan alat musik lainnya.

Cara memainkan alat musik triangle adalah dengan cara dipukul dengan menggunakan stik berukuran kecil yang terbuat dari bahan besi.

Triangle berbentuk segitiga yang terbuat dari bahan baja. Alat ini memiliki pemukul dari bahan logam untuk menghasilkan suara.

Belajar alat-alat musik yang sudah disebutkan di atas dapat dilakukan di waktu senggang, sambil menunggu live streaming Mobile Legend atau saat menunggu game terbaru rilis di ponsel Anda.