Musik Jazz: Pengertian, Ciri Ciri, Sejarah Hingga Perkembangannya

Siapa nih yang suka mendengar musik jazz? Yap, musik yang satu ini dipercaya berasal dari tradisi komunitas budak Afrika-Amerika.

Namun tahukah kamu? Untuk sampai ke masa ini, musik jazz telah melalui perjalanan yang panjang. Musik ini juga cukup digemar di Indonesia. Ada beberapa grup jazz yang cukup terkenal yaitu maliq & d'essentials, Tompi, The Groove, dan masih banyak lagi. 

Lantas bagaimanakah sejarah perkembangan musik jazz? Penasaran? Yuk simak penjelasan berikut hingga tuntas!

Pengertian Musik Jazz

Kata jazz merupakan salah satu kata terbanyak yang dicari di dalam kamus bahasa Inggris Amerika modern. Kata jazz hadir sebagai istilah dari bahasa slang dari sebuah daerah yang terletak di pantai barat Amerika Serikat. Penggunaan istilah jazz pertama kali digunakan sebagai istilah musik yaitu pada tahun 1915 di Chicago, Amerika Serikat.

Secara garis besarnya, musik jazz ialah musik yang di dalamnya terkandung sebuah ritme yang mempunyai improvisasi, harmoni, serta dimainkan menggunakan alat musik tertentu.

Instrumen yang digunakan dalam musik jazz pada umumnya berupa alat musik modern serta berbagai macam tambahan alat musik orkestra, seperti: gitar bass, contrabass, piano, gitar, trombone, clarinet, saxophone, terompet, dan biola.

Ciri Ciri Musik Jazz

Berikut ciri ciri musik jazz yang perlu kamu ketahui:

- Improvisasi

Dalam musik jazz, ciri yang paling sering ditonjolkan adalah improvisasi. Bahkan, sangat jarang ada musisi jazz yang memainkan lagu yang sama dengan gaya yang sama berulang kali. Hal ini tentu masih berkaitan dengan kebiasaan awal musik jazz yang memang dimainkan dengan improvisasi.

- Penggunaan instrumen

Biasanya, instrumen yang digunakan dalam musik jazz menggunakan alat musik yang memang lazim digunakan pada aliran musik jazz, seperti: terompet, saksofon, piano, gitar, biola, drum, dan contrabass atau gitar bass.

- Sinkopasi

Sinkopaso (syncop) adalah penekanan atau aksentuasi pada not-not upbeat (not-not dengan ketukan lemah). Hal ini cukup mendominasi dalam karakter musik jazz.

- Blue note

Blue note adalah nada yang dimainkan sedikit berbeda dari nada standar. Biasanya perubahan nada seputar antara quartertone dan semitone, namun ini masih bervariasi tergantung pada konteks musik. Blue note sangat identik dengan musik blues sebagai awal kemunculannya, dan musik jazz bisa dibilang masih berkaitan erat dengan musik blues sebagai cikal bakal.

- Swing

Swing adalah irama mendayu-dayu yang menjadi ciri khas musik jazz. Hampir semua komposisi musik jazz didominasi dengan unsur swing yang menjadi sumber kenikmatan musik jazz.

Sejarah Musik Jazz

Awalnya, musik jazz pada adalah musik tradisional Amerika Serikat yang dikembangkan oleh warga Afrika-Amerika di Amerika Selatan. Musik jazz yang dipercaya lahir pada akhir abad 19 memasuki abad 20 ini merupakan perpaduan antara musik Eropa dan tradisi Afrika.

Musik Afrika memberikan pengaruh dalam musik jazz berupa ritme yang terus menerus, serta pergerakan dan permainan emosi yang kelak begitu kental dalam karakter musik jazz. Sementara musik Eropa lebih memberikan pengaruh pada kualitas musikal, yaitu yang berkaitan dengan harmoni dan melodi.

Perpaduan dua tradisi yang antonim ini kemudian menghasilkan satu jenis musik baru yang me-reinterpretasi-kan penggunaan nada-nada dalam kombinasi baru, menciptakan nada-nada biru yang mengekspresikan perasaan, baik sedih maupun senang.

Cikal bakal musik jazz juga tak lepas dari teriakan budak Afrika yang tengah meladang di Amerika, kombinasi bunyi-bunyi dari gaya musisi-musisi New Orleans, kemudian musik gospel yang berkembang menjadi blues, dan beberapa bahan dasar lainnya yang berkombinasi membentuk jenis musik baru.

Perkembangan Musik Jazz

Lebih jauh menurut sejarah dan perkembangan musik jazz, ada beberapa fase di mana musik jazz berkembang menyesuaikan dengan keadaan zaman. Di sinilah sejumlah aliran baru yang masih menginduk pada genre jazz muncul dan berkembang menawarkan variasi dan karakteristik-nya masing-masing.

- Dixieland

Alliran pertama yang sangat berpengaruh adalah Dixieland. Dixieland merupakan sebuah band, dimana musisinya menggunakan berbagai macam alat musik seperti terompet, trombone, gitar, piano, clarinet, banjo, dan bass.

Dixieland berasal dari New Orleans, yang juga merupakan tempat pertama kalinya jazz muncul. Dengan terkenalnya Dixieland, banyak band-band lainnya yang memilih genre yang sama dengan Dixieland, yaitu gabungan dari ragtime dengan Sicilian musik.

Bahkan legenda jazz, Louis Amstrong pernah mengangkat kembali Dixieland setelah era perang dunia selesai.

- Swing

Swing memainkan irama ragtime dengan agak halus dan lambat. Berbeda dengan jazz sebelumnya yang biasanya dikenal dengan irama yang agak cepat. Pada tahun 1940-an muncul sebuah era dimana semua musisi jazz memainkan aliran swing ini.

- Bebop

Setelah swing, musik jazz terus berkembang sehingga terbentuklah aliran baru yang disebut dengan Bebop. Bebop merupakan aliran swing yang berevolusi menjadi versi lebih cepat. Genre musik jazz bebop ini mengenalkan musik jazz yang cepat dan asik. Sampai sekarang musik Bebop menjadi salah satu aliran yang masih cukup digemari.

- Soul jazz

Soul jazz adalah salah satu aliran musik jazz yang cukup berpengaruh. Aliran soul jazz ini sering dianggap sebagai musik blues karena memang berkembang dari ungkapan blues, soul, dan gospel.

- Bossa Nova

Sejatinya Bossa nova adalah aliran musik dari Brazil yang merupakan gabungan dari musik jazz dengan samba. Musik samba sendiri merupakan aliran musik dari Brazil yang identik dengan dansa, oleh karena itu beat dari Bossa nova ini agak cepat.

- Jazz fusion

Aliran musik jazz selanjutnya adalah jazz fusion. Bahkan aliran jazz fusion ini masih bertahan dan digemari sampai sekarang. Populer pada tahun 1960-an, Jazz Fusion ini pertama kali muncul saat beberapa band rock mencoba menggabungkan unsur jazz di dalam musiknya. Istilah Jazz Rock muncul dan bisa juga dikatakan dengan Jazz Fusion.

Nah, itulah seputar informasi terkait pengertian, ciri ciri, sejarah hingga perkembangan musik jazz dari masa ke masa yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat!