Mengenal Alat Musik Aramba | Sejarah, Bentuk dan Cara Memainkan


Pernahkah anda mendengar tentang alat musik Aramba? Instrumen musik ini merupakan bagian dari alat musik tradisional Sumatera Utara, tepatnya dari Kabupaten Nias. Alat musik aramba digunakan oleh warga setempat dalam kegiatan kesenian daerah, seperti pernikahan.

Dimainkan oleh satu orang, aramba termasuk jenis alat musik ideofon. Bagi warga Nias, aramba diyakini memiliki nilai keramat alias mistis.

Tak bisa dipungkiri, alat musik ini merupakan alat musik tradisional yang harus mendapat pelestarian oleh pihak pemerintah agar tidak punah di telan zaman.

Instrumen musik yang satu ini memiliki nilai sejarah hingga akhirnya menjadi alat musik yang memiliki nilai keramat. Itu sebabnya mengapa aramba menjadi salah satu alat musik tradisional dari daerah Nias.

Artikel ini akan membahas seputar alat musik aramba secara lengkap.simak ulasannya di bawah ini.

Sejarah Alat Musik Aramba

Dilihat dari sejarahnya, konon aramba merupakan alat musik hasil pertukaran dari Jawa. Oleh sebab itu, tak heran jika alat musik ini memiliki bentuk yang mirip dengan gong. Meskipun begitu, ternyata pendapat ini masih membutuhkan pengkajian ulang, apakah alat musik ini betulan dari Jawa atau bukan.

Butuh waktu untuk bisa mengetahui lebih dalam lagi mengenai instrumen musik aramba ini. Bisa dengan mendatangi langsung ke kabupaten Nias yang terletak di Provinsi Sumatera Utara.

Bentuk Alat Musik Aramba

Instrumen musik aramba memiliki dua jenis bentuk, yaitu aramba berbentuk besar dan aramba yang berbentuk kecil. Aramba yang berukuran kecil atau standar disebut juga dengan Fatao, umumnya memiliki ukuran diameter sekitar 40 sampai 50 cm. jenis aramba berukuran kecil ini biasa digunakan untuk mengiringi upacar pernikahan.

Sedangkan aramba berukuran besar disebut juga dengan Hongo, umunya memiliki diameter sekitar 60 hingga 90 cm dan biasanya digunakan oleh kaum bangsawan. Instrumen musik ini memiliki bentuk bulat dengan bagian tengah yang membentuk tonjolan.

Cara Memainkan Aramba

Alat musik aramba dimainkan dengan cara dipukur menggunakan alat berbentuk panjang yang terbuat dari kayu yang dibentuk sedemikian rupa. Dalam penggunaannya, instrumen musik ini biasanya digantung dengan menggunakan tali.

Bagian tengah dari aramba yang menonjol itulah yang biasa dipukul. Namun, bagian sisi-sisinya juga bisa dipukul dan menghasilkan suara yang berbeda.

Aramba yang berbentuk kecil biasanya menghasilkan bunyi yang keras, berbeda dengan jenis aramba berukuran besar yang cenderung menghasilkan suara yang berdengung layaknya gong.

Aramba sendiri bukan termasuk ke dalam alat musik yang bisa dimainkan secara selaras dengan alat musik lainnya. Sehingga, kamu kamu perlu berlatih terlebih dahulu agar bisa menghasilkan musik yang selaras sehingga menadi enak didengar.

Nah, jadi jika kamu ingin memainkan alat musik aramba, jangan lupa untuk rajin-rajin berlatih ya. Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan Populer